Menjaga Reputasi

ilustrasi

Oleh : Nufransa Wira Sakti

Hari ini saya memberikan ceramah sekaligus membuka Diklat Kehumasan Angkatan I di Tahun 2019. Peserta yang mengikuti diklat kali ini berasal dari Ditjen Perbendaharaan yang hadir dari seluruh wilayah Indonesia.

Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan peran pentingnya Kementerian Keuangan. Jika bangsa ini diibaratkan sebuah tubuh manusia, maka Kementerian Keuangan (Kemenkeu) adalah darah yang mengaliri kehidupannya. Seluruh kegiatan pemerintahan dan pembangunan membutuhkan uang/anggaran. Kemenkeu adalah tempat alokasi anggaran untuk semua kegiatan pemerintahan direncanakan, dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu institusi ini harus dijaga reputasinya. Reputasi yang sebenarnya, bukan reputasi berupa pencitraan. Sebuah reputasi yang dibangun dengan kerja keras melalui kinerja yang baik berdasarkan profesionalisme dan sinergi dengan tetap menjaga integritas untuk memberikan pelayanan yang sempurna.

Dengan begitu, setiap ada upaya untuk merusak reputasi Kemenkeu maka kewajiban setiap pegawai juga untuk meluruskannya. Meluruskan dalam arti memberikan klarifikasi berdasarkan informasi yang benar dan akurat dalam waktu yang tepat. Hal ini dilakukan bukan karena Kemenkeu anti kritik. Setiap masukan atau kritik yang baik untuk kepentingan bangsa dan negara akan diterima dengan baik.

Telah beberapa kali Kemenkeu mengadakan dialog dalam membahas masukan atas suatu kebijakan. Contohnya adalah dengan asosiasi pengusaha ecommerce, komunitas penulis, perkumpulan pekerja seni dan lain-lain.

Dengan memberikan klarifikasi, bukan berarti pula bahwa Kementerian Keuangan membela/menyerang Calon Presiden atau Partai Politik tertentu. Tidak seperti itu. Siapapun presidennya, siapapun menterinya, Kemenkeu harus tetap hadir untuk mengawal keuangan negara secara kredibel dan profesional.

Semua pegawai Kemenkeu diharapkan dapat bersatu padu menjaga rumah kita bersama, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Melalui pengawalan keuangan negara yang optimal, kita dapat terus melanjutkan janji para pendiri republik ini untuk mencapai masyarakat yang bermartabat, adil dan makmur.

Sumber : Status Facebook Nufransa Wira Sakti

Saturday, February 16, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: