Mengkritik Pemahaman yang Salah di Barisan Sendiri Tugas Terberat

Oleh : Denny Siregar

Kata temanku, " Untung lu muslim.. Kalau lu Kristen, banyak orang kristen yang kelojotan dengan postingan lu.."

Ya eyalah... Kaum hore hore ada di keyakinan apa saja. Mereka nyaman bersembunyi dalam selimut kebenaran mereka. Karena saya lebih kenal ajaran Islam, saya banyak mengkritik fenomena pemikiran yang ada di ajaran saya sendiri. Saya tidak mungkin mengkritik apa yang saya tidak pahami. Tidak paham, kok kritik...

Tugas berat adalah mengkritik pemahaman yang salah di barisan sendiri, bukan sibuk mengkritisi barisan orang lain tanpa pengetahuan di dalamnya.

Seandainya.. seandainya, ya.. dalam hubungan sosial kita tidak terlalu ketat menggunakan baju agama, maka tidak ada yg perlu dibenturkan. Yang mudah dibenturkan adalah kaum fanatik yang ada di agama masing2 dan mengklaim bahwa mereka adalah pembela agama.

Agama kok di bela...Negara dong di bela.. Negara tempat kita hidup, makan dan bernaung dengan aman dalam satu komunitas besar. Agama adalah urusan personal..

Seandainya saya kristen, tentu banyak pendeta yang saya hajar karena perutnya gendut dan bersetelan mahal. Tugas pemuka agama itu melayani umatnya, bukannya malah minta dilayani... Katanya pengabdian.. Ini pengabdian apa cari makan ?

Bener gak, son ?**

Sumber : Facebook Denny Siregar

Wednesday, July 13, 2016 - 14:30
Kategori Rubrik: