Mengevaluasi Sistem Zonasi

ilustrasi

Oleh : Johan Wahyudi

Setiap kebijakan pasti memunculkan masalah pro dan kontra. Sangat wajar asalkan protes disalurkan dengan cara yang wajar. Dan itu termasuk kebijakan sistem zonasi penerimaan siswa baru yang telah telah diterapkan dua tahun terakhir. Berikut ini adalah rangkuman wawancara saya dengan Radio Elshinta Semarang. Ada tiga evaluasi yang perlu diperbaiki pemerintah, yakni :

Satu, mengubah zonasi alamat rumah dengan asal sekolah. Sistem zonasi sekolah baik diterapkan karena menjadikan semua sekolah mendapatkan murid baru. Namun, hak orang tua yang tinggal di daerah pinggiran untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya hilang karena anaknya tidak boleh mencari sekolah di kota. Maka, evaluasi perlu dilakukan dengan memberikan proporsi minimal 80% untuk siswa dari satu zonasi dan 20% untuk luar zonasi.

Dua, perlu dibuat Surat Keputusan Bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Agama. Sejauh yang saya ketahui, lembaga pendidikan di bawah Kemenag tidak mau mengikuti kebijakan zonasi penerimaan siswa baru, tetapi ikut mengikuti Ujian Nasional yang dilakukan Kemendikbud. Demi keadilan, mestinya sistem zonasi diterapkan sekolah di bawah Kemendikbud dan Kemenag secara bersamaan.

Tiga, sekolah swasta juga perlu dilibatkan untuk menerapkan sistem zonasi. Banyak sekolah swasta sudah bergerilya mencari calon siswa baru meskipun belum waktunya. Ada yang menggunakan jemput bola, mengadakan lomba, atau kegiatan yang ujung-ujungnya mencuri start penerimaan siswa baru.

Agar kebijakan sistem zonasi bisa efektif, pemerintah harus tegas. Pengawasan harus dilakukan dengan ketat. Dan sanksi harus diberikan kepada oknum sekolah yang melanggar aturan. Pemerintah perlu menunjukkan kewibawaan agar setiap anak bangsa mendapatkan hak pendidikan yang baik sesuai amanah UUD. Terlebih, sekolah negeri (di bawah Kemendikbud dan Kemenag) gratis karena negara menanggung biayanya. Juga memudahkan pengawasan penerapan kurikulum di sekolah tersebut.

Mudah-mudahan sedikit pandangan saya di atas mendapatkan respon yang positif dari pemerintah. Jika saya punya 3 bahan evaluasi, mungkin Anda ingin menambahkan? Silakan....... 

Sumber : Status Facebook Johan Wahyudi

Friday, December 13, 2019 - 13:00
Kategori Rubrik: