Mengenal Yahudi Anti Zionis

Ilustrasi

Oleh : Muhammad Naylu Wiqoyatillah

Membaca judulnya, mungkin anda akan bertanya-tanya ; loh yahudi kok anti zionis? Bukankah semua yahudi adalah zionis?. Eits. Tunggu dulu. Tidak semua yahudi itu zionis. Memang tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan zionis adalah yahudi. Namun tidak semua yahudi itu zionis. Ada banyak komunitas yahudi diseluruh dunia yang sangat menentang zionisme.

Di indonesia sendiri memang banyak orang yang masih bingung membedakan antara 3 kelompok yang berbeda ; gerakan politik yahudi, suku bangsa yahudi dan agama yahudi. Banyak yang menggeneralisir dan stereotip terhadap ketiganya. Semua yahudi adalah zionis!. Padahal ketiganya berbeda, meskipun ada keterkaitan. Keterbatasan bahasa indonesia dalam mendefinisikan yahudi gerakan politik, suku bangsa yahudi atau agama yahudi, seringkali menimbulkan stereotip, bahwa setiap yahudi adalah zionis.

Dalam bahasa inggris, ketiga kelompok tsb disebut dengan istilah yang berbeda. Zionism (politik), Jews/Jewish (Suku Bangsa Yahudi) dan Judaism (Agama Yahudi).

Tidak semua zionis itu yahudi. Meskipun kebanyakan pendukungnya memang dari jewish dan beragama judaism. Di Indonesia sendiri banyak orang nasrani yang mendukung zionisme. Meskipun banyak juga nasrani yang menolaknya.

Tidak semua jewish beragama judaism. Ada yang islam, nasrani bahkan ateis seperti Einsten.

Tidak semua penganut judaism setuju dengan zionis. Banyak penganut judaism yang menolak zionisme dan sering mengadakan aksi di berbagai negara untuk menentang zionisme. Bahkan ada menganggap bahwa, negara israel adalah bid'ah terbesar dalam judaism.

Mau tau komunitas yahudi mana yang menolak zionisme? Berikut beberapa komunitas yahudi yang menentang zionisme :

1. Haredi
Sekte Haredi dikenal menentang pendirian negara Yahudi dengan cara menjajah Palestina. Dalam kepercayaan Haredi, tindakan politikus Zionis mendirikan Israel usai Perang Dunia II adalah bid'ah. Sekte yang sangat konservatif ini punya 150 ribu pengikut di seluruh dunia. Haredi selalu memakai momen Lag b'Omer untuk mengingatkan dunia bahwa pendirian Israel adalah bid'ah terbesar agama mereka. 
https://m.merdeka.com/…/umat-yahudi-anti-zionis-sedunia-ram…

2. Neturei Karta
Neturei Karta didirikan oleh Rabbi Amram Blau dan Rabbi Aharon Katzenelbogen. Rabbi Blau adalah penduduk asli Shea Shearim di Yerusalem dan aktif di kelompok Agudat Israel selama era Mandat Inggris. Pada tahun 1930an Agudat mulai kompromistis terhadap gerakan Zionis. Rabbi Blau pun memutuskan untuk keluar pada tahun 1937. Bersama Rabbi Katzenelbogen mereka mendirikan kelompok bernama Chevrat HaChayim, yang kemudian berganti nama jadi Neturei Karta.
Mereka tak tinggal hanya di Yerusalem saja, namun tersebar di banyak negara. Sikap kelompok ini ditunjukkan dalam aksi-aksi anti-Zionisme dan pro-Palestina mulai dari kota New York, Berlin, hingga ke London.

Motto kelompok ini : “Yahudi Bersatu Melawan Zionisme”. Mereka pro-Palestina dan menentang pendirian negara Israel karena percaya bahwa orang-orang Yahudi dilarang memiliki negara sendiri sampai turunnya Mesias Yahudi.

https://tirto.id/yahudi-yang-anti-zionis-yahudi-yang-pro-pa…

Silahkan kunjungi websitenya. Banyak sekali dokumentasi aksi mereka dalam menentang israel, termasuk foto pembakaran bendera israel.
http://www.nkusa.org

3. IJAN (the International Jewish Anti-Zionist Network)

"IJAN adalah jaringan internasional Yahudi yang tanpa kompromi berkomitmen untuk berjuang demi kelangsungan hidup manusia dan emansipasi, di mana pembebasan rakyat dan tanah Palestina adalah bagian yang tak tergantikan. Kami berkomitmen pada hak untuk kembali bagi para pengungsi Palestina dan mengakhiri penjajahan Israel atas sejarah Palestina, yang diperkuat oleh kekuatan ekonomi dan militer AS.

Kami mendukung penuh penentuan nasib sendiri Palestina dan hak untuk menolak pendudukan. Kami melihat ke akar rumput Palestina dan organisasi yang dipimpin Palestina sebagai titik acuan utama kami dalam perjuangan ini. Negara Israel mengkhianati sejarah panjang perjuangan Yahudi untuk pembebasan dan tradisi partisipasi dalam perjuangan kolektif untuk pembebasan yang lebih luas. Kami memprotes eksploitasi Zionis dan merendahkan sejarah penganiayaan dan genosida Yahudi untuk membenarkan yang tidak dapat dibenarkan - kolonialisasi Palestina dan pembersihan etnis Palestina, pencurian tanah dan penghancuran keluarga, komunitas, dan cara hidup mereka.

IJAN adalah bagian dari gerakan internasional melawan militerisme Zionis dan represi. Kami memiliki beberapa cabang aktif di Amerika Serikat, Argentina, Inggris, Spanyol, Kanada, dan Prancis. Kami juga mengatur berdasarkan sektor, dan saat ini mempertahankan sektor tenaga kerja dan kampus. Pekerjaan kami didanai sebagian besar melalui kontribusi dan kerja sukarela dari anggota kami dan melalui pendukung akar rumput. IJAN mengatur dari lokasi Yahudi, yang kami pahami sebagai sosial dan historis, tetapi anggota kami memiliki serangkaian hubungan dengan ekspresi agama, spiritual, dan budaya Yudaisme. Anggota IJAN berasal dari beragam latar belakang ras dan etnis serta garis keturunan budaya (termasuk Ashkenazi, Mizrahi, dan Sephardic).

Kami memandang "Anti-Zionisme Yahudi" sebagai orientasi politik daripada identitas, politik yang memperoleh makna melalui pengorganisasian praktis. Prinsip inti dari cara IJAN mengatur adalah perjuangan bersama - mengakui taruhan tertentu dari berbagai komunitas dan sektor dalam perjuangan umum melawan penindasan Zionis, militerisme, dan imperialisme. Pasak setiap gerakan itu spesifik, tetapi kami berbagi komitmen terhadap prinsip-prinsip pembebasan universal, keadilan, kesetaraan, tidak pernah mengorbankan aspek apa pun dari satu komunitas atau perjuangan gerakan demi kebebasan demi memajukan orang lain. Kami menyadari bahwa perjuangan kami terikat bersama-sama, dan bahwa kami harus menemukan cara-cara mengatur bersama yang memperkuat semua gerakan kami."

Dikutip dari situsnya 
http://www.ijan.org

Sebenarnya masih banyak lagi yang lain. Tapi saya tulis ini dulu saja. Setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran bahwa tidak semua yahudi itu zionis. Kalau mau mengutuk, kutuklah zionisme. Jangan kau kutuk yahudi. Karena istri Nabi SAW pun ada yang keturunan yahudi.

Silahkan baca ini buat nambah referensi 
http://amp.dw.com/…/sejumlah-kesalahpahaman-tent…/a-4192751

Sumber : Status Facebook Muhammad Naylu Wiqoyatillah

Monday, June 18, 2018 - 15:30
Kategori Rubrik: