Mengenal Dewan Pengarah dan Eksekutif Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP)

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Kesembilan Dewan Pengarah : Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Ahmad Syafii Ma'arif, Said Agil Seeradj, Ma'ruf Amin, Muhammad Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe dan Wisnu Bawa Tenaya.

Eksekutif : Yudi Latif.

Mereka yang terpilih itu telah diakui perjuanganya membela Pancasila. Siapa engga kenal dengan Megawati, putri dari Bung Karno yang juga pencetus Pancasila. Siapa engga kenal dengan reputasi Try Sutrisno yang merupakan senior TNI yang tidak perlu diragukan darah pancasila pada dirinya. Ahmad Syafii Ma'arif yang dikenal cendekiawan Islam yang mantan Ketua Umum Muhammadiah, yang selalu digaris depan memperjuangkan nilai nilai Pancasila diatas segala issue intolerance. Said Agil Seeradj ketua PBNU dan dikenal sebagai Kiyai anti intolarance dan pembela Pancasila. Ma'Ruf Amin ketua MUI yang dikenal sebagai ulama paling disegani oleh semua Ormas islam sebagai ahli Fikih. Mahfud MD, sebagai cendekiawan Muslim yang cerdas dalam argumen membela Pancasila.

Sudhamek Agoeng, adalah entrepreneur, sekaligus figur pemimpin di GarudaFood. Ia termasuk 50 orang terkaya di Indonesia. Pribadinya yang rendah hati diatas kekayaan yang tidak berasal dari bisnis rente tapi bisnis yang memberikan lapangan kerja luas dengan basis kepada rakyat kecil sebagai petani Kacang. Pdt Dr AA Yewangoe, ini punya obsesi menjadikan gereja berguna bagi orang lain. Tidak hanya pelayan bagi jemaat sendiri tetapi juga pelayan bagi orang di luar komunitas Kristen. Dia bertekad mewujudkan keyakinan itu lewat cita-cita PGI yang dipimpinnya yakni Keesaaan Gereja di Indonesia yang dimplementasikan dalam keesaan in action (aksi bersama). Mayor Jendral (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (WBT) adalah Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) , lahir dari keluarga sederhana dari Desa Gulingan, Mengwi, Badung. Ia seorang Purnawirawan perwira tinggi TNI-AD dengan jabatan terakhir Koordinataor Staf Ahli Panglima TNI.

Itulah mereka yang akan mendampingi Jokowi dalam memberikan arahan untuk mengawal Pancasila**

Sumber : facebook Erizeli Jely Bandaro

Saturday, June 10, 2017 - 14:00
Kategori Rubrik: