Menebak Arus Balik Isu Reklamasi

Ilustrasi

Oleh : Eyang Judiarso

Fawzi Bowo itu pribumi, sama kayak Agus Yudhoyono dan Jokowi. Bagaimana dengan Anies, Rizieq dan Ahok? 3 orang itu susah dibilang pribumi karena mereka keturunan asing.

Herannya, yang pribumi itu tdk mempersoalkan proyek reklamasi, terutama si Foke (Fawzy Bowo). Bgmn Foke mau dibilang mempersoalkan atau menolak ijin reklamasi orang Foke sendiri pas masih jadi gubernur DKI malah yang bikin aturan main untuk perijinan proyek itu. Jokowi sama Ahok itu gubernur DKI sesudah Foke yg menurut prof. Mahfud MD ga bisa begitu saja membatalkan pergub bikinan Foke. Apalagi DPRD jaman Foke maupun Jokowi dan Ahok tdk menolak proyek reklamasi. Kalau Anies sama Rizieq ga suka sama proyek reklamasi, mustinya :

1. Anies jangan pidato soal pibumi seolah2 lagi bela kepentingan pribumi. Tuh, si Foke yg pribumi punya kepentingan sama proyek reklamasi. Kalau proyek reklamasi ditolak sama Anies tapi Anies ga ngritik Foke dan DPRD DKI yg ada Gerindranya juga (partainya Prabowo yg ngusung Anies nyagub DKI kmrn) malah nyerangnya ke Ahok sama Jokowi doang kan artinya Anies cuma lebay aja pidatonya. Kan jadi ketahuan politik Anies cm mau jegal Ahok dan Jokowi krn Ahok terbukti lebih kredibel dan berintegritas mjd gubernur DKI dibanding Anies dan Jokowi yg memberhentikan Anies jadi menteri pendidikan shg susah diklaim Anies cakap jadi menteri. Apalagi tersiar berita santer pas Anies jadi menteri pendidikan sempat ngabisin duit banyak tanpa manfaat yg memadai buat bangsa dan negara pas ikut acara pameran buku di luar negeri. Mustinya pidato Anies pas pelantikan jadi gubernur DKI itu ga bahas soal kepentingan pribumi krn pribuminya (Foke) malah ngasih jalan buat realisasi proyek reklamasi. Kalau memang ga setuju sama proyek reklamasi, pidatonya bahas dong soal ga setujunya kenapa, sekalian soal Foke udah bener apa salah mnrt Anies. Bukannya malah ngasitau saatnya pribumi jadi tuan rumah di negeri sendiri. Emang sebelum Anies jadi gubernur gimana pribuminya? Emang bisa Anies bikin pribumi jadi tuan rumah di negeri sendiri? Gimana caranya, tuh? Musti ditagih nih kalau ntar ga ada bedanya pas Anies udah lama jadi gubernur sama sebelumnya. Maksudnya gimana pribumi jadi tuan rumah di negeri sendiri itu juga ga jelas banget. Kesannya sih cm asbun aja. Eh, belakangan malah nemuin Jokowi dan Jusuf Kalla minta tanggapan soal reklamasi. Tahu Jokowi-JK ga keberatan kalau dilanjutkan trus lempar masalah ke Jokowi-JK, seolah2 mau ngasitau ke pendukungnya kalau Anies mau nolak reklamasi tapi dihalangi sama Jokowi JK. Dah, segitu aja? Usahamu mana kalau memang gigih mau nolak reklamasi itu? Ga cukup intelektualitas dan keberanian apa? Kalau ya, makanya pas kampanye pilgub ga usah obral janji mau nolak reklamasi. Malu dong gede omongan doang.

2. Maksudnya Anies pidato bilang saatnya pribumi jadi tuan rumah di negeri sendiri itu apa? Kalau logikanya jalan, itu sama saja ga cuma nyerang Ahok membabi buta krn otomatis nuduh Ahok ga care sama pribumi, tapi sekaligus juga nyerang Foke krn Foke dianggap pribumi yg ga tau diri krn sebagai pribumi tapi ga bela pribumi. Artinya, kalau ga suka Foke ngomong dong, jgn cm Ahok melulu yg diserang mentang2 Rizieq bencinya bukan ke Foke tapi ke Ahok.

3. Rizieq musti jelasin soal pidato gubernur DKI yg dia dukung (Anies) kenapa seolah2 mengutamakan kepentingan warga DKI yg pribumi ketimbang yg non pribumi. Jangan lupa muslim itu ga cuma pribumi, yg non pribumi juga banyak. Kalau ga bisa kritik Anies mendingan ga usah ngerasa ulama aja deh. Belajar lagi surat al-hujurat 10. Di ayat itu dijelaskan sama Allah kalau sesama mukmin (muslim) itu saudara. Lha kalau saudara kan mustinya ga boleh dibeda2kan muslim yg pribumi dgn muslim yg non pribumi. Ulama ga ngerti adil itu bgmn kan konyol smtr islam ngajarin keadilan. Dlm surat al-mumtahanah : 8 juga dijelaskan kalau orang adil disayang Allah, bukannya orang tidak adil yg disayang Allah. Salahnya muslim yg non pribumi apa kok kayak ga dianggap perlu dibela juga kepentingannya? Khusus buat Rizieq, nih. Ente yg katanya ulama udah mati2an dukung Anies sampe bela2in jegal Ahok pake nuduh penista agama tanpa tabayyun dan nuduh muslim yg pilih Ahok munafik, bahkan didoakan yg jelek2 lagi. Itu sih sama saja ente yakin si Anies cagub pilihan ente bakal jadi gubernur yg baik. Kalau ga yakin ya ngapain ente repot dukung Anies gitu? Gubernur muslim kalau baik kenapa beda2in umat? Ente kalau masih ngerasa ulama musti tanggungjawab jelasin ke umat soal pidato rasis gubernur pilihannya itu maksudnya apa.

Soal apa sebabnya sy bisa bilang kalau Foke punya kepentingan terkait proyek reklamasi, ini ada tambahan data sbb :

IZIN REKLAMASI TELUK JAKARTA DITEKEN FOKE SEBULAN SEBELUM LENGSER

http://megapolitan.kompas.com/…/Terungkap.Izin.Proyek.Rekla…

https://m.detik.com/…/izin-reklamasi-teluk-jakarta-diteken-…

IZIN PELAKSANAAN REKLAMASI

Fauzi Bowo saat menjadi gubernur juga sudah mengeluarkan izin prinsip dan pelaksanaan terhadap pengembang terkait reklamasi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau 2A

Izin ini diberikan kepada PT Kapuk Naga Indah dengan nomor 1491 tahun 2010 dan ditetapkan pada Agustus 2010. Sebelumnya, PT Kapuk Naga Indah sudah mendapat persetujuan prinsip reklamasi 19 Juli 2007 nomor 1571/-1.711.

2. Persetujuan Prinsip Pulau A dan B

Pada 21 September 2012 dikeluarkan juga persetujuan prinsip reklamasi pulau A dan B dari Gubernur DKI untuk pulau A dan B. Nomor izin tersebut adalah: 1289/-1.794.2.

3. Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau 1 dan Pulau 2B

Pada 21 September 2012 juga dikeluarkan izin pelaksanaan reklamasi Pulau 1 dan Pulau 2B untuk PT Kapuk Naga Indah. Surat izin itu bernomor 1417/2012 setelah sebelumnya mendapat izin prinsip pada tanggal 21 Juni 2012 nomor 804/-1.794.2

4. Izin Prinsip Reklamasi Pulau O

Foke pada 21 September 2012 juga mengeluarkan izin persetujuan prinsip reklamasi pulau O atas nama PT Kawasan Ekonomi Khusus Marunda Jakarta. Izin dikeluarkan dengan nomor 1281/-1.794.2

5. Izin Prinsip Reklamasi Pulau M

Masih di tanggal 21 September 2012, Foke juga mengeluarkan izin prinsip reklamasi untuk pulau M atas nama PT Manggala Krida Yudha dengan nomor 1283/-1.794.2

6. Izin Prinsip Reklamasi Pulau L

Di tanggal 21 September 2012, diterbitkan juga izin prinsip reklamasi untuk pulau L atas nama PT Pembangunan Jaya Ancol.

7. Izin Prinsip Reklamasi Pulau J

Izin prinsip reklamasi pulau J juga diterbitkan untuk PT Pembangunan Jaya Ancol. Izinnya bernomor 1276/-1.794.2.

8. Izin Prinsip Reklamasi Pulau I

Izin prinsip reklamasi pulau I diterbitkan juga untuk PT Pembangunan Jaya Ancol.

Sumber : Status Facebook Eyang Judiarso

Friday, November 3, 2017 - 10:45
Kategori Rubrik: