Mencermati Investasi Tesla di Amerika

ilustrasi
Oleh : Archandra Tahar
Di Amerika Serikat (AS) Center of Excellence tumbuh dan tersebar di beberapa kota. Center of Excellence industri finansial berada di kota New York. Di kota ini terbentuklah ekosistem yg menunjang industri finansial, seperti Columbia University yang menghasilkan talenta terbaik.
Harvard dan MIT di Boston juga tidak terlalu jauh dari New York. Perusahaan-perusahaan besar di bidang finansial inilah yang kemudian ikut menunjang pasar modal NYSE.
Center of Excellence untuk industri energi terletak di kota Houston, Texas. Disini ada main office ExxonMobil, BP, Shell, Chevron, ConocoPhillips dan banyak perusahaan industri energi lain. Talenta-talenta terbaik di support oleh University of Texas, Texas A&M University dan Rice University.
Sillicon Valley, California menjadi Center of Excellence untuk industri teknologi. Di kawasan inilah inovasi dan berbagai karya perusahaan teknologi diantaranya seperti Apple, Google, Facebook mengembangkan usahanya. Talenta terbaik di support oleh Stanford University dan UC Berkeley.
Sementara khusus otomotif, Center of Excellence berada di Detroit, Michigan. GM, Ford, Chrysler berkantor dan mengembangkan manufacturing plant nya. Perusahaan-perusahaan otomotif itu di support talenta terbaik dari University of Michigan dan Michigan State University.
Apakah center excellence ini terbentuk karena memang dirancang dari awal? Houston tumbuh menjadi kota energi karena adanya sumber minyak di West Texas, Gulf of Mexico dan negara bagian terdekat seperti Oklahoma dan Lousiana.
Sillicon Valley terbentuk karena berkumpulnya para ahli teknologi IT, pemilik modal dan proyek-proyek teknologi tinggi dari departemen pertahanan Amerika. Teknologi hebat yang pertama kali dikembangkan disini adalah wireless telegraph yang dikirim oleh kapal perang Amerika ke kota San Frasisco di tahun 1899. Setelahnya teknologi radio berkembang dengan pesat.
Detroit, Michigan terbentuk sebagai pusat industri perkapalan, perdagangan dan manufacturing sebelum abad ke 20. Dengan adanya ekosistem ini, Ford Motor company terbentuk di tahun 1903 . Setelah itu muncul Crysler, GM etc, sehingga menjadikan Detroit kota pusat industri otomotif.
Cerita tentang lahirnya New York sebagai kota pusat industri keuangan dunia tidak berbeda dengan kota Houston, Detroit dan Sillicon Valley Area. Tidak dirancang secara khusus untuk industri tertentu, tapi lahir karena adanya kebutuhan di sekitar kota tersebut untuk berkembang dan menunjang aktivitas industri tersebut.
Pertanyaannya, kenapa Mobil listrik Tesla tidak dikembangkan di kota Detroit yang sudah punya ekosistem untuk industri otomotif tapi justru dikembangkan di Sillicon Valley? Tunggu ulasan selanjutnya.
Sumber : Status Facebook Archandra Tahar
Sunday, February 21, 2021 - 09:30
Kategori Rubrik: