Mencari Tuhan Dalam Agama

Ilustrasi

Oleh : RM Suryo Sumirat

Kita menginginkan bahwa Tuhan itu ada. Demikian juga Agama. Agama juga menginginkan Tuhan itu ada. Tapi agama menginginkan Tuhan seperti yang dia inginkan. Akui saja, bahwa agama memang menciptakan Tuhan. Padahal apa yang kita tahu tentang Tuhan ? NOL BESAR !! Kita sama-sama tidak tahu. Kita hanya bisa "Merasakannya", sebuah rasa yang belum tentu bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Contohnya seperti kasus di bawah ini :

Saya "merasa" bahwa janda cantik sebelah rumah telah naksir saya karena dia sering senyam senyum ketika melihat saya saat sedang ngopi di teras rumah. Sayapun juga tertarik dengan keseksian janda itu, senyumannya membuat pikiran saya langsung bekerja. Pikiran saya langsung liar dan mulai berusaha memuaskan rasa kepo saya. Pikiran saya langsung berbisik.."Dia juga suka lho, sama kamu..".

Ya, pikiran telah membuat saya menilai arti senyuman itu seperti yang saya inginkan. Padahal, ternyata dia senyum karena saya sering lupa menaikkan resleting celana saya.

Itulah pikiran. Pikiran sering mengelabui kita. Sama seperti Agama. Agama pun sering mengelabui kita.

Agama membuat alasan bahwa kita butuh pertolongan Tuhan. Padahal gak sama sekali. Lha wong, semua sifat Tuhan sudah ada pada diri kita.

Tuhan bisa menciptakan, kitapun juga bisa. Tuhan bisa menciptakan manusia, kita malah lebih hebat lagi dengan variasi gaya Kamasutra. Tuhan bisa menciptakan tumbuhan, kitapun juga bisa melakukan reboisasi. Malahan tanah tandus dimana Tuhan enggan menciptakan tumbuhan disitu, kita sebagai manusia sanggup menghidupkan tumbuhan di tanah gersang itu. Di saat Tuhan menciptakan semesta yang lebih komplek, kita juga bisa menciptakan sebuah Aquarium. Bukankah Aquarium merupakan sebuah ekosistem yang komplek juga ?

Ayolah sobat, agama hanyalah pengalaman orang lain di masa lalu. Mereka menulis apa yang mereka 'rasakan', lalu di bukukan, dan jadilah agama. Jika terus diterapkan di masa kini dan tidak mau diubah, agama malah akan membuatmu tersesat.

Sifat-sifat Tuhan sudah ada pada dirimu. Gak perlu lagi dicari diatas langit sana. Agama malah akan mengacaukannya. Agama akan membuatmu menjadi bukan manusia lagi. Tapi BONEKA !!!

Sumber : Status Facebook RM Suryo Sumirat

Thursday, October 25, 2018 - 08:15
Kategori Rubrik: