In Memoriam Horor Mudik, Jakarta- Semarang Now 7 Jam

Oleh: Agus Purwanto

 
Mudik yang dirindu, mudik yang pilu. 
Tapi itu dulu. Kini, cerita-cerita nestapa pulang kampung mulai menjadi kenangan.
 
 
 
Berikut sisa-sisa legenda 'horor' mudik 
 
1. Pantura
Jalur pantai utara (Pantura) menjadi horor bagi pemudik Melewati jalur ini, orang bisa sehari semalam. Bahkan di puncak mudik, bisa 2 hari jarak tempuh bisa Jakarta-Tegal. Begitu juga sebaliknya.
 
Pemerintah mengebut pembangunan Tol Cipali dan diresmikan pada 2015 atau beberapa pekan sebelum lebaran 2015. Alhasil, horor Pantura menjadi kenangan. Setelah itu, kemacetan tak lagi di jalur Pantura, tapi bergeser ke arah pintu tol Cipali di Pejagan.
 
2. Pasar Tumpah di Pantura Jabar-Jateng
 
Jalur mudik Pantura yang dihantui kemacetan disumbang oleh pasar tumpah yang tumbuh di berbagai titik. Permasalahan utama adalah masih banyaknya pasar tumpah di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah sebanyak 88 pasar tumpah.
 
Adapun dari 88 pasar tumpah tersebut yang berpotensi menimbulkan kemacetan yakni di jalur utama Pantura. Terdapat beberapa pasar di Pantura antara lain Pasar Ciasem (Kabupaten Subang), Pasar Jatibarang (Kabupaten Indramayu), Pasar Gebang (Kabupaten Cirebon) dan Pasar Losari (Perbatasan Jabar/Jateng).
 
Akibatnya, lalu lintas tersendat berjam-jam di jalur tersebut. Dengan dibukanya tol Merak-Surabaya, horor pasar tumpah kini tinggal kenangan.
 
3. Simpang Jomin
 
Setiap musim mudik, ada satu titik kemacetan legendaris yang selalu menjadi pusat perhatian. The Legend of Simpang Jomin, begitu orang menyebut kemacetan di persimpangan yang terletak setelah pintu keluar Tol Cikampek, Purwakarta, Jawa Barat, itu.
 
Berkilo-kilometer antrean panjang kendaraan seolah jadi hal lumrah di persimpangan yang memisahkan jalur pantura dan jalur selatan tersebut. Bertahun-tahun kemacetan di wilayah itu tak terurai.
 
Kemacetan simpang Jomin hampir selalu jadi topik berita utama setiap musim mudik Lebaran. Kendaraan mengular, pemudik mengeluh, dan pemerintah membuat alasan atas belum terurainya kemacetan menjadi materi utama pemberitaan The Legend of Simpang Jomin.
 
Namun, ada yang berbeda di musim mudik Lebaran tahun  ini. Legenda itu seolah mati. Simpang Jomin tak jadi pusat berita lagi. Simpang Jomin tak macet lagi.
 
(Agus Purwanto)
Monday, June 11, 2018 - 09:15
Kategori Rubrik: