Memilih Tanah Tempat Kita Berpulang

ilustrasi

Oleh : Sulaiman Rifai

Jadi, dulu guru saya pernah mengatakan kalau kita ini dicipta dari tanah tempat kita dikuburkan. Misal, saya orang Palembang, meninggal di Yaman dan dimakamkan disana, itu berarti saya dicipta dari tanah Yaman.

Nah, Mbah Moen— sapaan akrab KH. Maimoen Zubair, menurut informasi yang saya dapat beliau dikuburkan di Ma'la. Pekuburan Ma'la terletak kurang lebih 1,5 km dari Masjidil Harom dan pekuburan Ma'la itu sangat istimewa.

Kenapa?

Karena di situ adalah juga tempat dimana Sayyidah Khadijah dan para sahabat dikuburkan. Juga ada Qasim, putra Nabi Muhammad SAW dan paman beliau, Abdul Muthollib. Menurut Sayyid Muhammad Almaliki, kurang lebih ada sekitar 45 sahabat Nabi Muhammad yang dimakamkan di pemakaman Ma'la.

Salah satu keutamaan Ma'la adalah dalam hadis yang diriwayatkan Sayyidina Abdullah bin Mas'ud ra, Rasulullah SAW bersabda, "Allah ‎SWT membangkitkan dari tempat ini (pemakaman Ma'la) dan seluruh tanah Harram 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab atau tanpa perhitungan dosa. Setiap orang dapat membawa 70.000 orang. Wajah mereka cerah dan bersinar bagaikan bulan purnama."

Sumber : Status Facebook Yadi Setiadi

Wednesday, August 7, 2019 - 09:30
Kategori Rubrik: