Memberdayakan dan Mengedukasi

ilustrasi

Oleh : Reno Risanti Amalia

Sejak awal mengenal mas Hariadhi ini saya tertarik melihat berbagai aktivitasnya. Ia membuat banyak konten progres pemerintah untuk dibagikan oleh para pendukung tanpa harus membayar serupiah pun. Niatnya memang untuk menyebarluaskan apa yang telah dilakukan pemerintah Jokowi sehingga patut dipilih kembali.

Dalam konten-konten yang dibuatnya tidak ada sisipan pesan memburukkan pihak lain, murni tentang pencapaian dan kemajuan. Menarik memang pola kampanyenya saat itu di tengah banyaknya konten-konten lain yang sengaja dibuat dengan memasukkan unsur-unsur ad hominem, baik dari pihak oposisi maupun dari barisan sendiri.

Pola kampanye sarat kebaikan ini kemudian dilanjutkan dengan program #3Lauk10Ribu yang pada mulanya berupaya memperlihatkan kepada masyarakat makanan apa yang bisa disajikan pada masyarakat yang membutuhkan. Makanan yang disajikan, yaitu seporsi nasi dengan 3 lauk pauk ditambah sayuran seharga 10 ribu rupiah ternyata memang bisa dibuat dengan perencanaan yang matang. Dengan 10 ribu masakan yang disajikan jauh lebih banyak dibandingkan yang disajikan oleh kelompok oposisi pada pilkada 2017.

Mas Hariadhi membantu orang-orang tak mampu di rusun yang dibangun oleh Ahok dengan memberikan mereka pekerjaan memasak makanan yang kemudian dibagikan untuk para pemasak dan penghuni rusun. Donasi 10 ribu dari para relawan dan donatur tidak hanya bisa mencukupi porsi yang diminta, namun bahkan bisa memberikan upah untuk tenaga para ibu-ibu yang menjadi juru masak. Memang terkadang, oleh karena satu dan lain hal, upah ibu-ibu tersebut ditanggung oleh Mas Hariadhi sendiri.

Pada saat Covid-19 ini, di bulan Juni yang lalu saya dan kawan-kawan satu grup PD mempercayakan donasi kami kepada mas Hariadhi untuk 100 porsi makanan bagi yang membutuhkan. Grup kami sejak lama mendukung Jokowi dan Ahok, serta pernah mendedikasikan sebuah gerakan untuk mengemukakan penyebab kriminalisasi Ahok yang didukung oleh banyak anggota masyarakat lainnya. Dalam keterbatasan gerak akibat pandemi, kami mencoba membantu masyarakat yang kesulitan semampu kami.

Mas Hariadhi telah mewujudkan bantuan tersebut untuk mengurangi rasa lapar saudara sebangsa yang terkendala penghasilannya. Meskipun sebagai teman, Mas Hariadhi tidak meremehkan kepercayaan kami dengan memberikan rincian pemasukan dan pengeluaran dari donasi yang kami berikan. Permintaan kami untuk memberikan label PD pada kotak makan yang dibagikan juga dipenuhi, lalu terdapat dokumentasi pada saat pembagian makanan tersebut.

Bilamana ada orang-orang yang mempertanyakan kesungguhan Mas Hariadhi dalam program #3lauk10ribu, yang kini menjadi #3lauk5ribu agar lebih banyak jumlah makanan yang dibagikan, rasanya orang-orang tersebut perlu mencoba melakukan hal yang sama dan membuktikan apakah mereka mampu melakukan hal tersebut secara berkesinambungan. Kalaupun ada yang lebih kejam menuduh bahwa program ini diselewengkan dananya untuk keuntungan pribadi, biarlah itu menjadi ladang amal bagi Mas Hariadhi.

Mengikuti panutan kita, Jokowi dan Ahok, mempercayakan pembalasan yang adil kepada Allah itulah yang terbaik. Gusti Allah ora sare, tidak ada yang luput dari pengawasanNya. Semoga program kebaikan yang dilakukan oleh Mas Hariadhi diridhoi Allah dan dilancarkan segala urusannya.

"Haters will hate, but the goodness and the truth will always find the way"

Sumber : Status Facebook Reno Risanti Amalia

Thursday, October 29, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: