Membenahi Pendidikan yang Mendasar

ilustrasi

Oleh : Meicky Shoreamanis Panggabean

Pendidikan itu ada di rumah, di sekolah, di seminar. Dia juga ada di taman, di pasar, di kursus-kursus, di kepanitiaan, di film, dan di buku cerita termasuk komik.

Dia juga muncul waktu kita hangout bareng keluarga dan menampakkan batang hidungnya di acara ulang tahun, pas kita melayat, menang lomba catur, hunting foto, dan sewaktu arisan.

Sejauh ortu nemenin, bukan main HP, dan pengalaman si anak nonton lantas dijadiin bahan obrolan, gak papa ini anak bolos buat pergi ke karnaval.

Makanya gue kecewa banget waktu jaman Asian Games, Indonesia masuk final badminton, pertandingannya pas jam sekolah dan hampir semua sekolah tetap menjalankan kelas kayak biasa.

Mestinya anak-anak diajak nonton bareng. Abis nonton, sekalian aja putar tuh dari Youtube adegan Susi Susanti dan Rudi Hartono pas dapat emas.

Itu momen yang sangat pas untuk kasih pengalaman ke murid "elo bakal agak merinding gimana gimana gitu pas bendera elo dinaikkan dan lagu kebangsaan elo dimainkan di momen selain upacara hari Senin."

Emang gampang dapat momen kayak gitu?

Kalo lo guru, lo tauk orang tua anak lo cerai dan yang 1 lagi berkunjung ke kota murid elo tapi kunjungannya singkat banget, lu tanya aja ke murid elo,"Eh, mamamu lagi di sini ya?Kamu nggak jalan-jalan?Ntar ulangannya susulan aja, gak papa kok."

Murid gue dulu pernah minta ijin pulang 2-3 jam lebih awal karena mau nonton Westlife.Ada yang minta ijin pulang lebih awal karena mau persipan konser paduan suara, dll. Lha ya dikasih aja.

Merana banget hidup mereka kalo isinya cuma rumah dan sekolah. Kuper. Sempit. Ngebosenin.

Terlalu lunak? Kalo sering, iya, lunak. Ngasih ijin model begini mah pasti jarang.

Kalo anaknya baek, rajin, waras, dia minta ijin buat kegiatan insidentil kayak gini, jarang banget. Orang-orang di luar sekolah juga ngerti, mereka kalo bikin kegiatan yang
targetnya anak sekolah biasanya di luar jam sekolah.

Pendidikan itu terentang dari A sampe Z. A sampe E ada di kelas, F sampe Z ada di luar kelas. Gitu, loh.

Sumber : Status Facebook Meicky Shoreamanis Panggabean

Sunday, September 22, 2019 - 19:30
Kategori Rubrik: