Membedah Akun Digital PKS dan PDIP Solo

ilustrasi

Oleh : Nurul Khawari

Yang pertama kita akan mulai dengan stalking aktivitas akun akun PKS. Nampaknya PKS lebih fokus pada aktivitas sosmed dibanding tulisan atau informasi di website.

Aktivitas website dengan alamat https://pks_solo.or.id bisa dikatakan pasif, meskipun web ini dibangun sejak lima tahun yang lalu. Unggahan terakhir di website resmi PKS Solo dilakukan tahun 2018.

PKS punya akun fesbuk @pks_kota_solo yang sudah dikembangkan menjadi fanpage dengan follower mencapai lebih dari delapan ribu.

Di akun fesbuk official DPD PKS Solo hampir setiap hari ada update tentang segala hal terkait aktivitas kepartaian dan isu isu perkotaan yang sedang hangat dibicarakan.

Akun sosmed PKS Solo yang lain adalah twiter @PKSKotaSolo yang cukup aktiv. Sejak akun dibuat tahun 2011 sudah ngetwit lebih dari limabelas ribu kali.

Aktivitas PKS Solo juga bisa diikuti di akun Youtube @PKSKotaSolo yang cukup rajin mengupload video kegiatan meskipun hanya memiliki 80 subscriber.

Hampir setiap bulan ada saja yang diupload, meskipun materi yang diupload cukup sederhana secara visual.

Agaknya yang seru dari akun sosmed PKS itu ada di instagram. Ada tiga akun instagram PKS Solo namun hanya satu yang dinyatakan official. Yaitu @pkskotasolo dengan follower hampir tiga ribu dan melakukan postingan sebanyak lebih dari enamratus kali. Sementara dua akun non official lainnya adalah @pksmudasolo dan @pksmuda_solo.

Yang kedua, kita akan stalking aktivitas digital PDIP. Sebagaimana PKS, partai pemilik suara terbanyak di Kota Solo ini cukup aktiv dan interaktiv di akun fesbuk dan instagram. Penulis tidak menemukan alamat website, twiter dan youtube official DPC PDI Perjuangan Kota Solo.

Namun akun fesbuk dan akun instagram yang dimiliki oleh DPC PDIP Solo bisa dikatakan sangat aktiv. Hampir setiap hari dua akun sosmed ini melakukan aktivitas interaktiv dengan mengupload berita, aktivitas kepartaian maupun foto foto aktivitas kader.

Yang menarik adalah akun fesbuk atau fanpage @DPC_PDI_Perjuangan_Kota_Surakarta yang hampir setiap hari mengupload hampir lebih dari lima baik foto atau berita.

Sebenarnya fanpage PDIP hanya memiliki follower tigaribuan. Tidak ada separonya dari follower fanpage milik PKS. Namun admin fanpage PDIP layak untuk dipuji. Admin yang sering mencantumkan hestag #suluhrakyatmelakukan kerja kerja yang tidak bisa dibilang sederhana.

Setiap hari rata rata lima upload baik sekedar foto kegiatan ataupun berita kepartaian. Yang menarik adalah admin menyajikan informasi yang kadang diluar agenda kepartaian, namun secara tidak langsung menjadi humas dari kader partai yang menjadi pejabat publik.

Misalnya saja berita soal aktivitas Walikota, yang juga ketua DPC PDI Perjuangan bersama OJK, atau ketika Pak Wali sedang malakukan kunjungan kerja. Jelas ini bukan aktivitas kepartaian, namun informasi yang disajikan admin ini sangat menarik dan menjadi daya ungkit bagi partai.

Demikian juga ketika admin memberitakan progres pembangunan yang terjadi di Kota Solo. Apa yang dilakukan oleh admin menjadi amplifier yang menggemakan kiprah kader partai.

Coba intip akun instagram dengan alamat @pdip_solo yang followernya cuman seribuan. Namun upload foto yang interaktiv menjadi menarik untuk di ikuti.

Admin juga membuka kepada siapapun untuk mengirimkan foto terkait kegiatan partai untuk di publikasikan. Interaktiv ini tentu menarik untuk dilakukan.

***

Aktivitas di dunia digital atau aktivitas akun medsos memang bukan satu satunya yang menentukan partai bisa memenangkan kompetisi dalam pemilu atau tidak.

Tapi jangan lupa, akun sosmed yang aktiv memungkinkan partai menjangkau komunikasi dengan konstituennya dengan lebih baik.

Menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada konstituennya. Sehingga konstituen akan yakin ; bahwa partai tersebut bisa menjadi rujukan yang akhirnya menjadi pilihan.

Akun sosmed yang aktiv juga menjadi jendela untuk kita bisa melihat bagaimana managemen partai berjalan.

Jika akun sosmed saja di urusi secara serius, artinya agenda dan managerial partai berjalan dengan baik, yang artinya partai ini mampu melalukan menagerial partai dengan baik sehingga mampu menggerakkan mesin partai. Pantes saja menang

Sumber : Status Nurul Khawari

Thursday, August 15, 2019 - 08:45
Kategori Rubrik: