Mega Dilema Pilgub DKI

Oleh: Sunandi

PDIP, DEMOKRAT, dan PKS sampai saat ini belum memutuskan akan mengusung ahok ataukah calon lain. Akan tetapi yang menarik adalah keputusan dari PDIP, dan suara dari Megawati yang akan menentukan ke mana banteng berlari.
Lamanya PDIP memutuskan calon pilihannya dikaitkan juga dengan pribadi Mega yang seringkali mengeluarkan keputusan di ujung hari. Namun di Pilkada DKI kali ini saya melihat ada dilema yang dihadapi Megawati. 
Kondisi yang ada sekarang, sangat kuat desakan dari akar rumput partai Banteng agar PDIP mengusung calon sendiri. Banyak pertimbangan akar runput mengenai hal ini, terutama berkaitan dengan penolakan bau-bau orba. Bagi mereka lebih baik kalah dengan calon sendiri karena itu lebih bermartabat.
Akan tetapi di sisi lain, perolehan suara PDIP bisa saja tergerus apabila mengusung calon sendiri karena bintang utama saat ini adalah AHOK dan masyarakat berharap, PDIP akan mendukung keinginan rakyat.
.
Pilihan kedua jika PDIP mengusung AHOK beserta golkar, hanura dan nasdem, bisa jadi akan merusak kesolidan partai. Keputusan itu tentu bertentangan dengan suara akar rumput partai yang pada akhir bisa menimbulkan kekecewaan di kalangan internal. Pembelotan bisa kemungkinan terjadi. 
.
Jadi ini bukan lagi soal mahar politik, tapi berkaitan dengan hitung-hitungan peta perpolitikan tidak hanya 2017 tapi juga PILPRES 2019 beserta pertarungan melawan neo orba. Ini perkiraan saya mengenai apa yang dipertimbangkan megawati. Apalagi jika berkembang pada isu jokowi vs ahok di 2019.

 
(Sumber: Status Facebook Sunandi)
Wednesday, August 31, 2016 - 20:45
Kategori Rubrik: