Medsos Bikin Kita Seperti Tuhan

ilustrasi

Oleh : Mimi Hilzah

Saya yang dulu mungkin bakal baper kalau ada yang 'protes' saya posting sesuatu macam kepiting bertelur sebab tidak ikut serta menjaga keberlangsungan ekosistem dunia, di mana proses telur menjadi kepiting sedemikian rumit dan lama dibanding telur-telur itu jadi masakan enak dan masuk ke perut.

Seakan-akan saya tidak peka.

Untungnya sekarang saya sudah cukup mahir menggunakan tombol on off emosi dalam dunia maya ini

Ya bagaimana? Kata Bapak, bahkan yang kembar identik pun memiliki perbedaan. Saya pemakan segala makanan, terkecuali babi dan alkohol, bukan vegetarian apalagi pengikut diet. Menggemuk saja susah, boro-boro diet. Dan tidak kuatir kolesterol sebab makan saya dikiiitt. Kalau minum kopi ya maaf-maaf saja, saya mungkin ngamuk kalau dilarang.

Ndak apa-apa kita melihat sesuatu itu berbeda dan tidak sama. Tidak apa-apa menjalani prinsip hidup kita dengan setia sambil jangan lupa belajar menghargai prinsip hidup orang lain.

Di dapur Mimilicious pun. Saya punya pelanggan setia yang tidak mengonsumsi telur disebabkan telur adalah awal kehidupan. Beliau minta dibuatkan kue tanpa telur, saya layani sambil sekalian belajar ilmu baru. Bukannya malah ngomel kok ribet banget hidup tanpa telur, padahal telur termasuk makanan yang sangat ringkas untuk dijadikan lauk.

Punya kakak vegetarian dan kami kalau ketemu ndak pernah usil prinsip masing-masing. Dia makan sayuran dan kacang, kami makan ayam goreng, pallubasa, ikan bakar. Sambil ketawa-ketawa bareng, dia tidak pernah tersinggung. Biasa saja.

Sama seperti menganut keyakinan serupa agama. Kalau kita selalu fokus mengkritik pilihan orang lain, bukankah akan terlihat bahwa kita sebenarnya kurang yakin pada pilihan kita sendiri?

Kadang kita ndak perlu mengkritisi hal-hal yang kita tidak jalani apalagi yang tidak kita yakini. Begitu saya belajar. Kadang alih-alih melontarkan kritik dan menjadi benar, kita lebih baik belajar berdamai.

***

Besok pagi mau bangun cepat ke pelelangan lagi.

Mau beli kepiting telur lagi? Haaaa???

Ndak. Mau bilang sama bapak yang jual kepiting telur; Awas nanti ditangkap Bu Susi!

Sumber : Status Facebook Mimi Hilzah

Thursday, November 14, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: