Meditasi Nusantara

Oleh: Sumanto Al Qurtuby

 

Anda suka meditasi? 

Semua agama - baik agama lokal maupun transnasional - mengajarkan & menganjurkan meditasi dengan nama dan cara yang berbeda. Tapi meditasi bukan hanya monopoli agama. 

Sejumlah pendiri agama-agama besar di dunia yang saya baca juga melakukan praktik meditasi dengan cara yang berbeda; orang-orang bijak (baik yang agamis maupun yang sekuler), kaum sufi & mistikus, dan tokoh legendaris juga banyak yang melakukan meditasi; para leluhur bangsa Nusantara juga begitu banyak sekali yang melakukan meditasi. 

 

Meditasi adalah medium untuk menciptakan keheningan atau susana hening-suwung dengan cara berkontemplasi memusatkan segenap akal-pikiran-perasaan. 

Banyak orang mengatakan dan merasakan kalau meditasi yang benar dan dilakukan secara rutin bukan hanya bisa menenangkan akal-pikiran atau menyehatkan jiwa-raga tetapi juga bisa mampu mengtransformasi mereka menjadi pribadi yang tenang dan bijak, tidak gampang nyolotan kayak kirik mendem. 

Jika kaliyen tertarik dengan meditasi, silakan bergabung dengan grup "Meditasi Hening Sambung Rasa" yang melakukan praktik meditasi rutin jarak jauh lintas-agama, lintas-etnis, dan lintas-daerah. Kalau berminat, silakan bergabung disini:  https://m.facebook.com/profile.php?id=100048779734151

Meditasi ini dibimbing oleh sahabatku Mbak Ida Widyastuti, seorang spiritualis, penggemar meditasi, dan pengelana jejak-jejak leluhur Nusantara. Setiap liburan summer, biasanya saya, Mbak Ida & suaminya (Mas Harris) berkeliling menelusuri jejak-jejak leluhur Nusantara. 

Selain itu, Mbak Ida juga pebisnis andal dan ulet di berbagai bidang "makanan & cemilan Nusantara" yang produk-produknya sudah diekspor di sejumlah negara. Mbak Ida adalah Bos Perusahaan Mekar Sari & pemilik nama paten sambal "Jeng Ida" (silakan pesan sambelnya enak-gila).

Pada tahun 2018, saya, Mbak Ida & Mas Harris mendirikan Nusantara Kita Foundation (NKF) dimana Mbak Ida duduk sebagai ketua & saya sebagai pembinanya. NKF adalah "induk-semang" dari Nusantara Institute (NI) dimana saya sebagai direkturnya. Jika NKF bergerak di "dunia spiritual", NI di "dunia intelektual". 

Kalau ingin tau info-info tentang meditasi & dunia spiritual Nusantara, bisa bergabung di page Mbak Ida di: https://www.facebook.com/Ida-Sekar-kinasih-432926930439252/

Jabal Dhahran, Jazirah Arabia

 

(Sumber: Facebook Sumanto AQ)

Sunday, May 17, 2020 - 05:30
Kategori Rubrik: