MCA dan Kenaifan Netizen

Ilustrasi

Oleh : Arief Prihantoro

Tugas kita pertama2 adalah membangun dialog yg sehat dan sangka baik terhadap pihak2 yg berbeda serta mencari titik temu.

Tugas kita adalah menyampaikan apa yg kita ketahui tanpa klaim kebenaran sepihak dan tanpa menghakimi. Kita tdk dituntut atas kesesatan org tapi kita akan dituntut sejauh mana kita mengusahakan dialog dan mengingatkan dgn bijak tanpa menghakimi sepihak.

Musuh kita yg terbesar bukan siapa2 tapi nafsu (pikiran, perasaan dan keinginan) kita sendiri yg tak pernah kita periksa dan kritisi.

Entah apakah mereka ini orang-orang naif atau memang terlalu bodoh dengan dunia digital dan jagad maya, sehingga mengira jejak-jejak tulisan mereka tidak bisa atau sulit dideteksi oleh aparat. Apakah mereka tidak paham bahwa aparat didukung perangkat digital modern sehingga dengan mudah mampu mencari jejak-jejak tulisan mereka ? Bahkan ketika mereka menggunakan fake account ataupun ketika grup2 tsb telah berganti nama.

Berikut ini saya kasih contoh skrinsyut, bagaimana posting dan comment di sebuah page dan grup bisa di-mining. Bahkan sebuah grup yg sudah berganti nama pun jejak digitalnya masih tertinggal di cache server-nya google. Tulisan2 mereka terpapar disitu berikut dengan FBid mereka. Kolom 'J' adalah FBid mereka dan kolom 'M' adalah apa yg mereka tulis. Sekalipun grup, page, atau user mengganti account name, namun Id tersebut tidak berubah.

Saya tahu beberapa friend dan follower saya banyak yg ikut grup2 semacam itu. Saya hanya ingin mengingatkan kasihanilah anak, istri, suami, orang tua anda jika anda ikut2an mengumbar kebencian lewat grup2 tsb. Ketika nama anda adalah salah satu yg menjadi target pantauan aparat cyber serta anda menjadi salah satu target yg diburu aparat, maka anak, istri, suami atau orang tua anda lah yg akan menangisi anda pertama kali.

Mari bermedsos dengan lebih cerdas. Hindari ujaran kebencian dan menyebarkan tulisan2 hoax. Karena nama anda mudah dipantau.

Sumber : Status Arief Prihantoro

Saturday, March 3, 2018 - 14:45
Kategori Rubrik: