Matinya Ideologi Khilafah

ilustrasi

Oleh : Zainuddin

Saat Kekhalifahan Turki Ustmani masih berdiri, gerakan wahabisme digunakan Inggris untuk meruntuhkan Kekhalifahan terakhir di era modern. Ujung tombak nya Bani Saud, pendiri Saudi Arabia. Bani Hasyim yang menguasai Haramain ditumbangkan juga . Oleh Inggris, Bani Hasyim mendapat konsesi menjadi penguasa Yordania hingga sekarang.

Menarik apa yang disampaikan oleh Putra Mahkota saat wawancara dengan Washington post itu. SAUDI ARABIA sudah kehilangan kontrol atas penyebaran wahabisme, dimana sekarang jalur pendanaannya melalui yayasan-yayasan di Arab Saudi. Bisa jadi ini merupakan upaya cuci tangan pemerintah atas berbagai kejadian terorisme yang muncul akibat penyebaran wahabisme.

Wawancara itu dilakukan tahun 2018 dimana kekalahan ISIS sudah di depan mata. Sedangkan banyak sumber, Awal-awal ISIS muncul tak lepas dari jaringan wahabisme. Apakah dengan kendornya dukungan Pemerintah Saudi Arabia atas gerakan wahabisme di dunia akan menjadikan wahabisme sebagai ideologi keagamaan akan mati?

Melihat kejadian-kejadian mutakhir dimana gerakan ini masih cukup efektif untuk melawan musuh-musuh Barat, wahabisme akan tetap hidup. Apalagi lembaga-lembaga yang terafiliasi dengan wahabisme telah memiliki banyak pengikut dan sudah mandiri secara finansial. Cuci tangan Saudi Arabia ini tidak banyak berpengaruh.

Berita lengkap di kolom komentar.

Sumber : Status Facebook Zainuddin

Monday, January 20, 2020 - 10:15
Kategori Rubrik: