Mati Gaya Prabowo Tersungkur

ilustrasi

Oleh : Budi Setiawan

Tak pelak lagi pak Jokowi menekuk habis pak Prabowo dalam Debat Presiden kedua Dengan data, Jokowi memepet terus hingga menjadikan Prabowo justru mengafirmasi kehebatan Jokowi dalam melaksanakan pembangunan

Sepanjang debat Prabowo tidak menyebutkan data sedikitpun sekaligus memperkuat dugaan bahwa apa yang selama ini dikatakan adalah data palsu dan kebohongan semata.

PATAH
Sekurangnya empat kali Prabowo bilang " Saya dukung program PakJokowi. Sungguh satu kelemahan bahwa dia sudah kalah data sejak awal. Tidak heran dia keok ketika bicara soal kelapa sawit untuk dijadikan biofuel.

Program petani makmur yang digadang Prabowo dipatahkan mudah lewat penjelasan lugas Jokowi mengenai konektivitas off line ( infrastruktur) dan online ( digital 4.0) yang menggiring petani langsung jual produknya lewat market place.

Kekayaan data yang dimiliki Jokowi adalah advantage petahana karena dia hands on dengan kebijakan dan eksekusinya. Dan ini tidak di awang-awang seperti yang dijelaskan pak Prabowo. Tim Prabowo jelas serampangan dalam mempersiapkan jagonya berlaga. Mungkin karena banyak produksi hoax dan plintir sana sini.

KEJENGKANG
Efektivitas Prabowo dalam menjelaskan program juga tergerus oleh kembangan awal bukan langsung pada pokok permasalahan yang tidak perlu. Berkali-kali Prabowo mengawali penjelasannya dengan "memang benar dan berputar-putar dalam waktu yang terbatas yakni 1 sampai 2 menit.

Akhirnya penjelasan dia mengambang dan kemudian mati gaya hingga dengan mudah ditekuk oleh Jokowi yang sangat santai dan percaya diri.

Sebenarnya pak Prabowo punya kesempatan " menghajar " pak Jokowi soal sertifikat. Karena diketahui, sertifikat yang dibagikan gratis ternyata di lapangan rakyat harus bayar. Bahkan ada yang sampai 200 juta. Namun dia tidak memanfatkan isu ini.

Malahan Jokowi menekuk Prabowo dengan mengatakan dia punya lahan luas di Kalimantan dan Aceh yang tidak diberikan di masa pemerintahan Jokowi. Nampak Prabowo tegang dan mukanya merah tanpa bisa menjawab Untung saja dia tidak joget menutupi kegugupannya.

TIDAK ADA BAHAN
Pada sesi tanya jawab, Prabowo kehabisan bahan soal dampak kerusakan lingkungan akibat pertambangan. Bahkan Prabowo tidak memanfaatkan waktu yang tersedia. Benar-benar parah karena menunjukkan Prabowo tidak punya konsep dalam soal ini.

Dia bermain-main pada gagasan tanpa penjelasan dan data yang memadai.

Ini yang mengakibatkan Prabowo tidak memanfaatkan waktu yang disediakan. Malahan lagi-lagi dia mendukung apa yang sudah dilakukan Jokowi.. Prabowo nampak sangat grogi menghadapi semburan data dari Jokowi tanpa bisa membantah.

ONLiNE-ONLINEAN

Ini yang paling parah. Prabowo tidak tahu apa itu unicorn. Yang online-onlinenan itu ya.. Mungkin kuda kuntet yang dalam pikirannya.

Parahnya Prabowo bilang banyaknya Unicorn bakal bikin dana dari Indonesia keluar ke negeri. Padahal justru dana asing masuk ke Indonesia karena bermunculannya unicorn yang justru memunculkan berkah-berkah ekonomi lainnya.

Ini adalah blunder parah Prabowo.

Dan dia jelas ingin debat kedua ini cepat selesai.

Dia sudah KO berkali-kali.

Jokowi menang habis

Karena

Tim Prabowo yang persiapkan debat

Semuanya..

BEGO

BEGO

BEGO.. 
 

Sumber : Status Facebook Budi Setiawan

Tuesday, February 19, 2019 - 09:45
Kategori Rubrik: