Manusia Merdeka

Oleh : Denny Siregar

Konsep bekerja adalah ibadah itu bukan hanya bekerja untuk mendapatkan penghasilan buat keluarga, cintaku...

Mendapatkan penghasilan itu wajib hukumnya, sedangkan bekerja adalah ibadah itu pengertiannya jauh lebih luas. Dalam bekerja kita harus bisa melihat apa potensi diri kita, dimana hasrat kita.. bukan hanya sekedar mencari uang. Karena mendapat uang dari rutinitas yang tidak kita sukai, sama saja dengan memenjarakan diri. Hidup menjadi beban dan kita membentuk diri menjadi pengeluh tak berkesudahan.

Sesudah kita menemukan dimana hasrat kita, maka mulailah.

Tentu saja mengawalinya dengan berat, banyak rintangan dan masalah. Tapi karena disana hasrat terbesar kita, jangan cepat menyerah karena sebuah mahakarya tidak mungkin di bangun dalam waktu sebentar saja. Disana harus tertera darah dan airmata.

Disanalah kita menemukan apa artinya sabar dan syukur. Disanalah kita menemukan mutiara makna bernama ikhlas. Sesudah kita menemukan diri kita sendiri, barulah kita berfungsi kepada manusia lain. Bukankah itu semua adalah puncak dari ibadah ?

Uang itu hanya dampak dan tidak berarti apa-apa selain sebagai bekal dalam perjalanan saja. Bekerja itu nikmat, jangan jadikan siksaan. Bekerja itu ritual dalam menemukan nilai spiritual. Kayalah dalam batin bukan kaya dalam lahir.

Bekerja itu seperti secangkir kopi. Ia ada hanya untuk memberikan kenikmatan pada penikmatnya, pada kelas sosial manapun ia ditempatkan...

Mau kubuatkan kopi, sayangku.. ?** (ak)

Sumber : Facebook Denny Siregar

Friday, June 3, 2016 - 08:15
Kategori Rubrik: