A Man of Honor

ilustrasi

Oleh : Herry Tjahjono

(Menemukan Hari Baik)

Rasa kangen pada anak-anak membuat sebuah kisah kembali menjelajah ingatan saya begitu saja.

Waktu itu kami sekeluarga ada acara di Kudus, Jawa Tengah. Pada suatu siang, saya sempat membeli beberapa kemasan krupuk yang dijual seorang anak muda di jalan. Saya lihat dia menjajakan ke beberapa orang dan tak satupun menengoknya.

Anak lelaki saya bertanya kenapa saya membelinya, padahal dia tahu kami sekeluarga kurang suka dengan krupuk itu.

Saya bilang : " Kita memang tak memakannya nak, nanti kita berikan siapa saja yang suka. Tapi kan tadi kamu lihat sendiri bagaimana dia dengan "all out" menjajakan krupuknya, namun tak ada yang menengoknya. "

"So...? " tukasnya, khas gaya anak milenial.

"Tiap orang berhak menemukan hari baiknya nak. Dan kadang kita harus membantu seseorang menemukan hari baiknya. Jangan mengharap pahala apapun dari hal itu. Ketahuilah bahwa dalam hidup memang ada sesuatu yang harus dilakukan. Salah satunya adalah membantu seseorang menemukan hari baiknya."

Anak saya merenung dan mencoba mencerna semuanya. Lalu saya katakan : " Papi melakukan hal ini setelah belajar dari orang besar yang bernama Om William...."

Lalu saya mulai menceritakan kisah tentang Om William...atau William Soeryajaya....!

Almarhum Om William adalah pendiri Astra yang sangat legendaris. Dia terkenal punya kebiasaan membagikan uang kepada orang-orang di sekitarnya atau siapapun suatu kesempatan, dalam lawatannya ke negera tetangga untuk urusan bisnis, dia memberikan uang kepada seorang anggota security yang menyambutnya.

Setelah beberapa saat urusannya selesai dan menuju perjalanan pulang ke bandara, Om William juga memberikan uang kepada security yang ditemuinya di perjalanan. Staff terdekat yang menemaninya bertanya : “ Om memberi uang kepada security itu ? “ Om William tersenyum dan balik bertanya :
“ Kenapa ?” Staffnya kembali berkata :
“ Om tahu, dia adalah security yang sama ketika Om tadi datang, jadi Om memberinya uang dua kali.”

Om William bertanya balik : " Kamu pikir saya tidak tahu ? Saya memang tahu dia adalah security yang sama."
Staffnya penasaran : " Lalu kenapa Om memberinya lagi ?" Om William kembali tersenyum dan berkata singkat : “ Biarlah tiap orang mendapatkan hari baiknya sendiri.”

Ini bukan soal om William kelebihan uang nak, kata saya menutup kisah itu. Tapi membantu orang lain menemukan dan mendapatkan hari baiknya memang sesuatu yang harus dilakukan siapapun, sekecil apapun bentuknya.

Om William adalah...A Man of Honor...

Membantu orang lain menemukan hari baiknya adalah perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan.

Membantu orang lain menemukan hari baiknya adalah perbuatan paling manusiawi dari seorang manusia. Itu saja.

Selebihnya saya berdoa dalam hati...agar anak saya kelak menjadi....A Man of Honor...

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

Saturday, July 11, 2020 - 11:30
Kategori Rubrik: