Malas Berpikir Benci Membaca

ilustrasi
Oleh : Jody Ananda
 
Orang-orang beriman kebanyakan menganggap teks adalah sesuatu yang amat sakral, sehingga menjalankannya tanpa berusaha melihat latar belakang kehadiran suatu teks/narasi. Padahal semua teks, apapun namanya, terikat pada konteks.
Apa itu konteks? Konteks adalah semua wujud kehadiran maknawi yang menyertai sebuah teks. Misalnya saja : "Siapa yang mengatakan? Kepada siapa? Dimana itu terjadi? Kapan itu terjadi? Dalam situasi seperti apa? Bagaimana gestur yang berkata? Apa sejarah/histori sehingga dia berkata seperti itu? " Dan lain-lain yang jika dibedah bisa sampai 69 pasal.
Dengan memahami semua variabel ini, kita akan lebih bisa menangkap pesan yang disampaikan, dan yang terpenting, mengambil substansi dari sebuah narasi teks.
*********
Suatu ketika, saat sedang asyik menonton acara TV, anak Aa Jojot bertanya, "Ayah, ini ada pizza sepotong. Boleh aku makan dicampur dengan tempe?"
"Oh, boleh, nak. Makanlah."
Kebetulan saat kejadian itu, "Jibril" sedang lewat, mencatat dan kemudian menyampaikan narasi tersebut kepada sidang Dewan Ngulamak Madzhab69. Pandangan beberapa madzhab dalam sidang tersebut adalah sebagai berikut :
Rabbi

, SJK (Fraksi Yahudi Bani Ngisroil Gal Gadot Zuckerberg Portman dll) :"Shalom. Bagi kami, tempe adalah kosher yang halalan thayyiban. Tidak apa-apa dimakan bersama dengan pizza. Sekian."

Mang

(Fraksi Sekutu Yahudi dll) :"Aa adalah orang yang efisien. Mubazir jika pizza sepotong tidak dimakan. Tempe adalah simbol kedaruratan yang sinergis dengan pizza."

Romo

, SJ (Fraksi Nasrani Muslim dll):"Makan pizza tanpa diiringi anggur adalah tindakan zalim. Namun, Allah Bapa di Surga tentu merestui tempe sebagai kosher yang disebutkan kakak tertua kami dari Fraksi Yahudi. (Botol Topi Miring gua kok ilang yak??)

Mbah

(Fraksi Kejawen Arab dll) :"Sinergi antara tempe dan pizza jika membawa kenikmatan makan, adalah bahagia. Rahayu."

Ajengan

(Fraksi Kaum Filosof): "Tempe adalah dialektika realistis untuk Pizza. Ini adalah logos yang nyata adanya."

(Fraksi Tentara Gajah, Kalbun Salim dll) :"INI ADALAH TINDAKAN BATHIL, MENCAMPURKAN TEMPE DENGAN PIZZA, MAKANAN KAPIR YAHUDI!!! Mari kita segera bangkit berjihad ke semua gerai pizza dan melakukan penyitaan. Trakteeeer!! (sambil banting botol Topi Miring)"

Sidang bubar.
 
Sumber : Status Facebook Jody Ananda
Friday, September 25, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: