Makan Malam Bersama Mas Menteri

Oleh:  Rudi S Kamri

Malam ini saya mendapat kehormatan diundang makan malam dan berbincang dengan Mas Menteri Nadiem Makarim. Dengan sajian hidangan luar biasa enak yang dihidangkan oleh sang ibunda Atika Makarim, saya mendengarkan dengan seksama apa yang telah dilakukan oleh Mas Menteri selama 100 hari kerja sebagai Mendikbud. 

Jujur saya terpesona luar biasa dengan pengetahuan Mas Menteri yang begitu mendalam dan mendetail tentang dunia pendidikan kita mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi dalam waktu yang relatif singkat. Dia begitu piawai mengindentifikasi masalah pelik dalam dunia pendidikan kita, mengurai dan menyiapkan program atau resep yang akan merevolusi sistem pendidikan kita.

 

Mulai dari pemangkasan birokrasi, penyerdehanaan regulasi, konsep dan implementasi Belajar Merdeka dan Kampus Merdeka sampai melakukan terobosan penyerderhanaan pencairan Dana BOSS langsung ke rekening Kepala Sekolah. Dan masih banyak lagi program restorasi pendidikan yang sedang dipersiapkan Mas Menteri dan Timnya.

Meskipun dulu saya sempat meragukan keputusan Presiden Jokowi, sekarang harus saya akui ternyata kali ini Presiden Jokowi sangat tepat menunjuk Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saya sebagai anak bangsa bisa menyemai harapan dan optimisme yang besar bahwa ke depan sistem pendidikan Indonesia akan tertata dengan konsep yang sangat baik, modern dan tetap berdasar penguatan karakter kebangsaan yang Indonesiawi.

Dan yang terpenting output dari sistem pendidikan Indonesia akan link and match dengan dunia kerja atau dunia usaha serta menghasilkan manusia Indonesia yang modern, Pancasilais dan siap menghadapi tantangan zaman.

Salut atas pencapaian kerja dari Mas Menteri, semoga ke depan semua program Kemendikbud dapat tereksekusi dengan baik dan menghasilkan output seperti yang kita harapkan bersama.

Good luck n GBU Mas Menteri, terimakasih atas makan malamnya. 
See you soon 

 

(Sumber: Facebook Rudi S Kamri)

Wednesday, February 12, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: