Mafia Berkeley

ilustrasi

Oleh : Buyung Kaneka Waluya

Pada pertengahan tahun 1950-an...., sebagian besar ekonom yang nantinya disebut sebagai Mafia Berkeley..., adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Saat itu...., fakultas dipimpin oleh Sumitro Djojohadikusumo...., seorang ekonom yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Industri serta Menteri Keuangan.

Sumitro ketika itu meminta bantuan kawan-kawan dosen dari Belanda dan dari fakultas lainnya..., untuk membantu pendidikan mahasiswa FEUI.

Saat tensi antara pemerintah Indonesia dan Belanda sedang tinggi akibat perebutan Irian Barat (sekarang disebut sebagai Papua Barat)..., para pengajar dari Belanda itu mulai meninggalkan Indonesia.

Sumitro meminta bantuan Ford Foundation..., yang kemudian memutuskan untuk mengadakan program beasiswa..., dimana beberapa mahasiswa FEUI dipilih untuk dikirim ke luar negeri dan belajar di University of California, Berkeley.

Program ini dimulai pada tahun 1957..., dan beberapa tahun kemudian..., pada tahun 1960-an..., seluruh mahasiswa yang dikirim telah kembali pulang ke Indonesia.

Mereka kemudian ditugaskan mengajar di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (SESKOAD).

Pada tahun 1966..., daripada Jenderal Soeharto mengambil alih kekuasaan di Indonesia dari Presiden Soekarno melalui Supersemar.

Meskipun belum menjadi presiden hingga dua tahun berikutnya..., daripada Soeharto mulai membangun dasar-dasar pemerintahan yang nantinya akan disebut sebagai rezim Orde Baru.

Pada akhir Agustus 1966..., daripada Soeharto mengadakan seminar di SESKOAD untuk mendiskusikan masalah ekonomi dan politik..., serta bagaimana Orde Baru akan mengatasi permasalahan itu.

Ekonom-ekonom FEUI yang diketuai oleh Widjojo Nitisastro...., mengikuti seminar itu.

Dalam seminar itu..., para ekonom mempresentasikan ide mereka serta rekomendasi kebijakan kepada daripada Soeharto.

Daripada Soeharto kagum akan ide mereka..., dan dengan cepat meminta mereka untuk bekerja sebagai Tim Ahli di bidang Ekonomi dan Keuangan

Mafia Berkeley adalah julukan yang diberikan kepada sekolompok menteri bidang ekonomi dan keuangan. ..., yang menentukan kebijakan ekonomi Indonesia pada masa awal pemerintahan Presiden Suharto.

Mereka disebut MAFIA..., karena pemikiran mereka dianggap sebagai bagian dari rencana CIA untuk membuat Indonesia sebagai BONEKA Amerika..., oleh seorang penulis muda Amerika Serikat.

Sebagian besar dari menteri-menteri yang dituduh sebagai Mafia Berkeley adalah lulusan Doktor..., atau Master dari University of California at Berkeley pada tahun 1960-an atas bantuan Ford Foundation...., yang awalnya diinisiatori oleh Soemitro Djojohadikusumo... dan koordinator kelompok ini adalah Widjojo Nitisastro

Kelak pada masa kehancuran perekonomian Indonesia akibat krisis finansial Asia Tenggara pada tahun 1997..., Mafia Berkeley dianggap pihak yang paling bertanggung jawab..., karena kebijakan liberalisasi ekonomi yang terlalu berpihak pada asing..., dan sistem ekonomi dijalankan dengan perilaku koruptif yang masif

Daftar lengkap kelompok ini adalah....:

1. Soemitro Djojohadikoesoemo
2. Emil Salim
3. Ali Wardhana
4. Widjojo Nitisastro
5. JB Soemarlin
6. Dorodjatun Kuntjorojakti.

Rahayu....

Sumber : Status Facebook Buyung Kaneka Waluya

Saturday, October 17, 2020 - 12:15
Kategori Rubrik: