Lumbung pangan Baru

Oleh: Wahyu Sutono

 
Bila selama ini barisan yang berseberangan dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang katanya hanya sibuk memikirkan infrastrukrur semata, jelas itu salah besar, karena nyatanya Jokowi tengah menyiapkan lumbung pangan baru sebagai cadangan logistik guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan.
Karenanya pengembangan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa sedang dalam proses pengerjaan yang diharapkan dapat menjadi sumber cadangan logistik nasional untuk mencegah kekurangan pasokan pangan dalam negeri. Cadangan logistik tersebut juga digunakan untuk mengantisipasi krisis pangan sebagaimana yang diperingatkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).
 
Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan sejumlah menteri terkait meninjau lokasi pengembangan serupa yang ada di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah yang terdapat kurang lebih 10.000 hektare lahan potensial yang nantinya akan dikembangkan menjadi lumbung pangan baru.
"Tahun ini insyaallah akan kita selesaikan kurang lebih 30 ribu hektare terlebih dahulu. Kemudian berikutnya dalam 1,5 sampai maksimal 2 tahun akan ditambah lagi 148.000 hektare baik itu di Kabupaten Pulang Pisau maupun Kapuas," ujar Jokowi.
Dengan pengembangan lumbung pangan baru ini diharapkan cadangan pangan nasional nantinya dapat terpenuhi dan dikelola dengan manajemen yang baik hingga dapat diekspor.
Salam NKRI Gemilang
 
(Sumber: Facebook Wahyu Sutono)
Saturday, July 11, 2020 - 22:45
Kategori Rubrik: