Lepas Hijab

ilustrasi

Oleh : Uju Zubaedi

Postingan saya yg aplot foto di bawah ini mendapat beberapa respon berupa emot marah dan ada pula emot sedih. Selain itu ada pula yg mengesher dg caption marah2 atau menggerutu bahkan menyebut sesat seperti yg saya skrinsot ini.

Purtunyuunnyu.. kenapa tidak disampaikan sebagai komen agar saya bisa menjawabnya..?

Maka saya ingin tambahkan lagi disini.

Manusia itu makhluq Allah yg paling canggih, berakal budi, berperadaban. Masa sih tentang aurat dan menutupinya saja harus pake undang2 ("syari'at) dari langit. Bukankah Allah sudah menginstal pada tabiat manusia pikiran dan perasaan..? Rasa takut dan rasa malu..?

Tidak cukupkah itu semua untuk manusia mengatur dirinya bagaimana mereka berpakaian? Atau mereka memilih tidak menggunakan perangkat jiwa dari Allah tsb tanpa peduli kalaupun Allah menyebut yg demikian itu "seperti hewan ternak" ( كَالْاَنْعَامِ ) sebagaimana pada Al A'rof : 179..?

Sehingga ketika Allah tidak mengatur hal tsb berupa narasi (KalamNya) mereka keukeuh mencari perintah dan aturan dari selain Allah..?

Apakah kalo tanpa perintah/aturan berarti manusia boleh tampil telanjang..? Ya boleh saja kalo memang udah hilang kewarasan mah..

Kalo keukeuh mencari "aturannya", boleh saya tambahkan ini ?:

Secara implisit ada dlm Al Quran petunjuk ttg bagian tubuh yg terbilang sauat/aurat :

... فَبَدَتۡ لَهُمَا سَوۡءَٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخۡصِفَانِ عَلَيۡهِمَا مِن وَرَقِ ٱلۡجَنَّةِۚ ...
... tampaklah oleh keduanya aurat mereka dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, ... (Tho Ha : 121)

Seberapa banyak bagian tubuh yg bisa ditutup dg daun2? Maka yg diprioritaskan itulah "aurat".

.... أَوِ ٱلطِّفۡلِ ٱلَّذِينَ لَمۡ يَظۡهَرُواْ عَلَىٰ عَوۡرَٰتِ ٱلنِّسَآءِۖ ...
atau anak kecil yang belum tahu jelas akan aurat perempuan. (An Nur : 31)

Bagian mana pada tubuh perempuan yg anak kecil belum tahu jelas..? Itulah aurat.

Jadi jangan bilang suku Asmat atau para bule yg berjemur di pantai Sanur itu tidak menutup aurat. Paling tidak mereka menutupi aurat seperti Adam dan Hawa sbagaimana Thoha : 121) di atas

Sumber : Status Facebook Uju Zubaedi

Sunday, January 19, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: