Lelaki Itu Kekasih Langit

Ilustrasi

Oleh : Herry Tjahjono

Beberapa kali saya menulis status - jauh sebelum Ahok kalah dan dipenjara - bahwa dia salah satu manusia, lelaki, pemimpin yang bernyali rajawali di negeri ini.

Nyali rajawali itu terbang tinggi mengatasi badai, bahkan seandainya ia tengah dilanda kesakitan sekalipun.

Seperti kata Rendra, sangkar besi tak bisa mengubah rajawali menjadi burung nuri. Penjara juga tak mampu mengubahnya menjadi burung emprit yang hanya banyak bicara.

Rendra juga benar ketika ia mengatakan rajawali adalah pacar langit. Ya, Ahok lelaki rajawali itu juga kekasih langit. Air mata pengorbanannya bagaikan tetesan air hujan yang melegakan petani di musim kemarau. Air mata dukanya bagaikan tetesan air hujan yang membuat rumput tersenyum riang.

Ia adalah kekasih langit, sebab di tengah kesakitan dan kepedihan hebatnya - ia tetap menatap semuanya termasuk musuh yang menyakitinya dengan sikap langit. Ia seperti langit yang tak perlu menjelaskan bahwa dirinya tinggi.

Karena itu ia bisa dan bersedia mengambil sikap langit : menerima dan memaafkan - sebab dari sana ia percaya cinta itu akan tumbuh berkelimpahan. Dan ia paham, negeri ini miskin cinta. Negerinya haus cinta.

Maka dukanya menjadi pengampunan. Air matanya memaafkan. Duka dan air matanya adalah kemenangan sejati.

Ia adalah lelaki rajawali
Ia adalah kekasih langit

Sumber : Status Facebook Herry Tjahjono

Wednesday, November 1, 2017 - 15:00
Kategori Rubrik: