Laut Kita Kembali Berjaya

Ilustrasi

Oleh : Awan Kurniawan

Perikanan Indonesia sudah menuju perikanan berkelanjutan, ukuran ikan lebih besar. Volume turun tapi value naik. Jadi bukan ikan jelek yang ditangkap, tapi ikan baik dan valuenya tinggi.

Pasca program pemberantasan Ilegal Fishing diluncurkan, pertumbuhan domestik bruto (PDB) sektor perikanan naik dari 7,35% menjadi 7,89%.

Saat ini, industri perikanan tangkap mutlak mengandalkan kekuatan armada dalam negeri.Karena sejak November 2014, kapal ikan asing, kapal ikan eks asing sudah tidak boleh beroperasi di wilayah Indonesia.

Tapi persoalan Ilegal Fishing adalah persoalan lintas negara. Butuh sinergi dan kerjasama lintas batas negara. Hari ini Bali akan menjadi tuan rumah Our Ocean Conference kelima yang akan digelar di Bali, Indonesia pada 29 dan 30 Oktober mendatang banyak negara lain ingin belajar pada Indonesia.

OCC 2018 mengusung tema “Our Ocean, Our Legacy” (Laut Kita, Warisan Kita). “Ini bermakna bahwa laut kita adalah amanah yang akan kita wariskan untuk generasi penerus kita. Saya bangga tuan dan puan, selamat datang di Laut kami.

#OCC2018
#OurOceanOurLegacy

Sumber : Status Facebook Awan Kurniawan

Tuesday, October 30, 2018 - 11:45
Kategori Rubrik: