Lambannya Penciptaan Khoiru Ummah

ilustrasi
Oleh : Alim
 
Salah satu penyebab lambannya penciptaan khoiru ummah adalah keliru dalam implementasi gerakan kembali kepada al-Qur'an dan al-Sunnah yang telah melenceng menjadi gerakan tekstualis yang anti intelektual.
 
Pendekatan bayani yang bertumpu pada teks semata menjadi dominan dengan mengabaikan pendekatan burhani yang bertumpu pada akal pikiran yang berfungsi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan pendekatan irfani yang bertumpu pada dzauq/hati nurani yang berfungsi untuk mengembangkan sprititualitas batin.
 
Akibat lebih lanjutnya adalah merebaknya "truth claim", klaim kebenaran tunggal, yang benar adalah pendapat kelompoknya, pendapat orang lain dan kelompok lainadalah salah dan keliru.
 
Pada titik ini orang akan mudah untuk mengkafirkan orang lain hanya karena beda paham dengan dirinya, dan mudah membid'ahkan suatu amalan karena dia tidak bisa memahami mana substabsi dan mana metode.
Intelektualisme ummat Islam masa lalu terancam akan terkubur sia sia karena gerakan kembali lada al-Qur'an dan al-Sunnah tanpa perlu melihat bagaimana para ulama pada masa lalu telah mengkaji dan membahas masalah tersebut.
 
Demikian juga intelektualisme masa kini dan masa depan terancam tidak bisa berkembang karena pendekatanbyang dipakai sangat dominan bertumpu kepada pendekatan bayani saja dan mengabaikan pendekatan burhani dan irfani.
 
(Kutipan Khutbah Idul Fitri oleh DR. Agung Danarto, PP Muhammadiyah, di Lapangan Nogotirto, Yogyakarta. --dengan sedikit perbaikan teks dan spasi)
 
Sumber : Status Facebook Alim
Wednesday, June 5, 2019 - 13:45
Kategori Rubrik: