Laki-Laki Berkuasa Itu Membungkuk

Kekuasaan tidak membuatnya jumawa. Kekuasaan penuh ditangannya tidak membuatnya berubah.

Lelaki berkuasa itu memberi hormat, ia memberi contoh bagaimana menjalani hidup apa adanya – sebab kekuasaan sekalipun hanyalah titipan.

Presiden Jokowi merupakan contoh pemimpin bangsa yang yang selalu menghormati setiap orang dari segala golongan. Dirinya tidak merasa paling hebat ataupun paling tinggi karena jabatannya sebagai Presiden Indonesia namun Jokowi dengan kerendahan hatinya memberikan contoh yang luar biasa kepada seluruh rakyat Indonesia. Jokowi pantas untuk menjadi panutan bangsa Indonesia.

Indonesia dalam perkembangan peradabannya sebenarnya kental dengan budaya santun yang terekspresi dalam budaya membunkuk. Membungkuk tanda hormat. Menghormati berarti merendahkan diri di hadapan orang yang kita hormati. Sungkem dalam tradisi jawa adalah simbolisasi yang paling sempurna dari budaya membungkuk ini.

Tetapi, sayang kebiasaan itu semakin lama semakin lenyap dalam budaya negeri ini. Entah, terpengaruh oleh budaya barat atau budaya dari mana, sekarang ini, jangankan membungkuk, yang ada malah mendongakkan tubuh dan wajah.

Lebih daripada itu, yang ada sekarang ini, anak-anak di hadapan orang tua dan guru-guru seolah tidak ada lagi rasa hormat, apalagi hingga membungkukkan badan. Demikian juga orang-orang yang berusia lebih muda yang semestinya menunjukkan sikap hormat dan membungkukkan badan di hadapan orang-orang yang lebih tua, malah semua itu seperti tidak terlihat lagi. Betapa banyak cerita nestapa para guru yang tidak dihormati muridnya bahkan sampai diadukan ke polisi..hanya gara2 dicubit.

Lalu, apa artinya dengan sikap membungkuk yang dilakukan Jokowi di hadapan anggota dewan, veteran, para guru, bukan saja tanda hormat, tetapi lebih daripada itu, yakni ingin memberikan pembelajaran yang secara lebih luas soal satu budaya istimewa bangsa yang mulai memudar itu, yakni budaya membungkuk itu…

Sumber : Status Facebook Waryanto Nardisutrisno

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *