Labirin

ilustrasi

Oleh : Fauzan Mukrim

#dearRain
Labirin itu sering disebut miniatur kehidupan dunia. Berliku, penuh teka-teki, jarak pandang terbatas, dan kadang kita salah mengambil jalan.
Meski sebenarnya tidak persis begitu. Keluar dari labirin, besar kemungkinan kita masih dalam keadaan bernafas dan tertawa-tawa, menertawai kesalahan-kesalahan kita di dalam labirin tadi.
Tapi, keluar dari dunia, jelas beda. Tidak ada yang bisa keluar dari sini dalam keadaan hidup. Dan kita belum tentu bisa tertawa-tawa.
Kehidupan dunia ini semacam hukuman mati yang kita tidak tahu kapan dieksekusi. Sehingga, seperti yang sering saya bilang ke abang River, pilihan kita tidak banyak sebagai mahluk yang menunggu.
Tidak ada yang bisa kita lakukan selain berbuat baik.

Di film Evan Almighty (2007), "Tuhan" yang diperankan oleh Morgan Freeman menjelaskan kepada Evan Baxter kenapa ia disuruh membangun bahtera (ark) seperti Nuh. Kata "Tuhan", bagaimana kita bisa mengubah dunia? Sambil menuliskan huruf A-R-K di tanah dengan sebatang ranting, Dia bilang, "One... Act of Random Kindness."

Begitulah, Nak. Kita tidak meyakini Tuhan yang digambarkan sebagai seorang Afro-Amerika dengan suara bass, tapi pesannya tetap relevan. Yang kita perlukan dalam hidup ini adalah terus berbuat kebaikan secara random, acak, sebanyak mungkin. Karena kita tidak tahu, yang mana di antara itu yang akan menyelamatkan kita nanti. Tidak perlu berharap pamrih karena itu berpotensi menyakitkan.

Tidak usah pedulikan pendapat atau komentar orang lain. Kamu lihat kan, di film Ralph Breaks The Internet, Yess bilang apa ketika Ralph tak sengaja masuk ke direktori komentar dan melihat betapa banyak komentar yang menyakiti perasaannya?
"Peraturan pertama di Internet, jangan pernah baca komentar," kata Yess. Sebenarnya itu bisa berlaku juga di luar Internet. Di dunia yang kita tinggali ini.

Sebisa mungkin, tetaplah baik, Nak. Cuma itu cara yang kita tahu agar bisa keluar dari sini dengan gembira.

Sumber : Status facebook Fauzan Mukrim

Monday, January 20, 2020 - 10:30
Kategori Rubrik: