La Lembah Manah

Oleh : Rudi S Kamri

Solo, 15 November 2019 pukul 15.46 WIB telah lahir bayi mungil cantik jelita yang bernama LA LEMBAH MANAH. Bukan keluarga Jokowi kalau tidak memberikan nama anak-cucunya dengan indah, etnik dan bermakna dalam. Seperti halnya Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah. 

Uniknya, nama anak cucu Presiden Jokowi seperti bertutur dan narasi sebuah harapan. Seperti Kaesang Pangarep dalam bahasa Jawa bisa diartikan "Kae-Sang Pangarep" yang maknanya dialah si pembawa harapan. Pun pula cucu pertama Presiden, "Jan Ethes" itu sebuah ungkapan kebahagiaan hati yang maknanya : Betapa (Jan) Lincah (Ethes). Nama Jan Ethes sendiri bisa bermakna pemimpin yang perkasa. 

 

Untuk cucu kedua Presiden Jokowi Sedah Mirah bermakna sebagai karunia yang dikabulkan oleh Allah SWT dengan harapan kelak menjadi Mirah (bak intan permata yang bercahaya terang). Sehingga memberikan berkah kejayaan bagi kedua keluarga.

Sedangkan La Lembah Manah adalah idiom bahasa Jawa krama inggil (Jawa halus) juga bermakna sangat dalam yang artinya keikhlasan untuk selalu rendah hati. Jadilah seorang putri yang tawadhu dan rendah hati. Demikian kira-kira doa dan harapan keluarga Jokowi terhadap cucu ketiganya. 

Nama anak adalah sebuah doa dan harapan. Seperti nama anak saya Mentari Raissa Sandiastri adalah sebuah narasi doa agar anak saya senantiasa menjadi cahaya terang dan inspirasi bagi sekelilingnya. Sedangkan Raissa bermakna perempuan yang bisa dipercaya dan menjunjung tinggi kehormatan dan harga diri. Melalui nama kita berdoa untuk anak-anak kita dan dengan pengasuhan yang baik, doa tersebut akan menjadi nyata. Insyaallah.

Dulu saya berencana menamai anak saya berikutnya Rembulan Sinaring Wengi (untuk putri) dan Aryo Lelananing Jagad (untuk putra). Namun sayang pabriknya keburu tutup dan bangkrut. Jadi nama itu tidak jadi terealisasi. Tapi saya berharap nama itu akan digunakan untuk cucu-cucu saya kelak. Semoga

Bagaimana dengan nama anak Anda ?

Salam SATU Indonesia
1711201

 

(Sumber: Facebook Rudi S Kamri)

Sunday, November 17, 2019 - 13:30
Kategori Rubrik: