Kumis Jokowi yang Bikin Iriana Jatuh Cinta

Oleh: Sunardian Wirodono

 

Apa yang mau diceriterakan dari kisah cinta Iriana-Jokowi? Nggak ada bagusnya. Nggak romantis. Iriana lugu, mencintai Jokowi. Sedang Jokowi type lelaki setia. Apa coba tantangannya? Di mana lucunya lelaki setia?

Jadi apa yang mau diceritakan tentang mereka berdua? Kalau Iriana-Jokowi terlihat romantis, mereka the first lady dan the first man Indonesia. Adem dan menggetarkan bukan, melihat ibu Negara memayungi suami mejeng dengan motor-trail di Papua? Menyentuh bukan melihat Iriana membenahi krah baju Jokowi, mojok wefie di Istana Merdeka, sebelum memulai upacara kenegaraan 17 Agustus lalu?

 

 
 
 

Bagaimana mereka di depan anak-anak, di Istana Bogor, beradegan mesra? Iriana membenahi rambut Jokowi yang suka berantakan itu? Mbok disuruh belajar pakai pomade pada Pak Harmoko, Bu! Atau ingat, ketika Jokowi menjadi pesulap di depan anak-anak kecil, dan Iriana menjadi asistennya?

Tapi, baiklah, supaya nggak baper berkepanjangan. Mumpung ini seri ke-7, dan Jokowi presiden ke-7, dan tujuh itu maknanya orang harus punya tujuan, atau dalam keyakinan Jawa tujuh adalah pitu, pitu adalah pitulungan, pitutur, pituah, juga pitu-ng jago Betawi, baiklah dijabarkan di sini, sebelum dijatengkan dan dijatimkan esok.

Iriana jatuh cinta pada Jokowi hanya karena kumis nyelekunthir lelaki kerempeng itu. Nyelekunthir? Itu lho, kumis tipis sak-uprit. Itu yang membuat Iriana jatuh hati. Mosok sih? Iriana sih menambahkan jawabannya tadi, "Pintar dia, dan masa depannya jelas!”

Nah, ingat itu, wahai para gadis; masa depannya jelas! Jadi sudah tahu bakal jadi presiden? “Ya, ‘kan iki wis jelas?” ungkap Iriana yang waktu itu buka rahasia setelah KPU mengumumkan kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2014.

Iriana mengaku pertemuan pertama kali dengan Jokowi di tepi Kali Anyar. Waktu itu, Kali Anyar merupakan sarana transportasi air yang masih sangat aktif di Solo. “Ketemu di Solo, di pinggir kali, langsung cinta," tutur Iriana tersipu. "Feeling juga,.wah iki jodoku,...”

Jokowi sendiri mengaku Iriana cinta pertama dan terakhirnya. Nah, sontoloyo ‘kan? "Dulu sederhana dan ndeso banget gitu," ungkap Jokowi menyebut Iriana.

Tak mau dibilang ndeso, Iriana protes, "Iki ngece. Aku ra ndeso. Sing ndeso iki, ngawur! (Ini menghina. Aku nggak ndeso. Yang ndeso dia, sembarangan)" potong Iriana sembari nyubit suaminya yang sontoloyo.

"Terus aku terpengaruh jadi ndeso," Jokowi terus membully Iriana.

"Iki kurang gaul,... (Jokowi itu kurang gaul)," Iriana makin gemes. Dikatakan suaminya dulu tak mengikuti zaman. Ketika anak muda seusianya pakai celana berbahan jeans dan berkaus, Jokowi berbeda. Karena ndeso dan miskin.

"Tapi yang bener-bener bikin jatuh cinta ya kumisnya itu lho, nyelekuntir. Jadi ketemu makjebrus, langsung jatuh cinta deh,..." ujar Iriana dengan tawa berderai. Lha terus, bagaimana selanjutnya? Mau bersambung tidak? Atau sampai di sini saja? Ssst, para lelaki, bikinlah kumis nyelekunthir, biar jadi presiden!

 

(Sumber: Facebook Sunardian WIrodono)

Wednesday, October 31, 2018 - 10:30
Kategori Rubrik: