by

Kubu Prabowo Tak Bisa Saingi Narasi Jokowi

aya malah merasa selalu mendapatkan sensasi baru ketika membaca ulang buku kumpulan tulisan Norman Edwin itu. Saya juga mengoleksi banyak buku lainnya tentang kepencintaalaman.

Soe Hok Gie yang mahasiswa dan aktivis itu adalah pendaki gunung. Saya mengoleksi dan membaca buku biografi Gie dan buku-buku karya dia. Dari Gie saya berkesimpulan kepencintaalaman dan intelektualisme adalah sepaket.
Yang paling berkesan lainnya adalah kala masa SMA saya sering turun gunung ke Kota Jogja dan mampir di sebuah toko peralatan petualangan outdoor. Di toko itu saya rutin membeli majalah terbitan Wanadri. Sayang, koleksi majalah khusus ini telah lenyap semua dimakan cuaca kaki Gunung Merapi yang tak bersahabat dengan buku dan majalah.

Narasi tentang Game of Thrones dan Avengers juga dengan telak menyentuh kedirian saya. Masa kecil saya lewati dengan keakraban bersama superhero. Sejak SD saya pembaca komik Pendekar Trigan, Deni Manusia Ikan, Album Cerita Ternama yang menjadi etalase sekian banyak superhero, dan aneka komik superhero lainnya.
Narasi tentang superhero adalah simbol tentang keharusan memerhatikan daya dukung lingkungan bagi kehidupan manusia dan perkembangan kemanusiaan kita. 

Avengers dan Game of Thrones serta kisah superhero lainnya sesungguhnya bukan sekadar kisah hitam putih tentang penjahat dan bukan penjahat. Ini adalah narasi dan simbol tentang dunia dan daya dukungnya bagi kehidupan manusia dan kemanusiaan. 

Ketika kemanusiaan dinegasikan otomatis merusak daya dukung lingkungan bagi kehidupan manusia. Avengers dan Game of Thrones adalah pelajaran tentang menjaga bumi, menjaga dunia, agar selalu pas dan ramah bagi manusia dan kemanusiaan.

Kurang keren apa coba narasi-narasi itu? Sekali lagi, itu dengan menegasikan propaganda ora mutu, sentimen agama yang dikapitalsiasi, fitnah yang diamplifikasi, hoaks yang diamplifikasi, insinuasi… dan sejenisnya. Kalau ternyata ini semua masih ada, ya tidak jadi keren sama sekali.

Sumber : Status Facebook Ichwan Prasetyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed