Kok Baperan, Perppu Tidak Menyebut Ormas Tertentu

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Saya engga ngerti mengapa yang teriak teriak engga setuju PERPPU Ormas adalah ormas islam? padahal dalam PERPPU tidak ada menyebutkan nama ormas tertentu. Yang ada dalam PERPPU itu memuat hal susbtansi :

Pertama, pada UU tentang ormas yang sebelumnya, tidak mengatur sebuah institusi yang mengeluarkan ijin berhak juga mencabut ijin tersebut. Padahal institusi itu adalah otoritas dan UU harus memberikan amanah jelas kepada institusi untuk mengambil kebijakan mengeluarkan izin atau membatalkan.

Yang kedua adalah, mengenai pernyataan bahwa yang bertentangan dengan Pancasila hanyalah ajaran Komunisme dan Atheisme. Dalam PERPPU ini penjelasan Pasal 59 Ayat (4) Huruf c menyebutkan, "ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila antara lain ajaran ateisme, komunisme/marxisme-leninisme, atau paham lain yang bertujuan mengganti/mengubah Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Jadi sepanjang Ormas tidak hendak mengganti/mengubah Pancasila, tenang aja. Tidak akan dibubarkan. Bagaimana kalau sampai Ormas dinyatakan menentang Pancasila padahal tidak? Ormas bisa mengajukan pra peradilan atas keputusan Pemerintah ( Menko Polhukam) membatalkan izin Ormas tersebut. Selagi memang benar tidak melanggar tentu akan menang di pengadilan. Santai aja. Cerdaslah berjuang agar tetap eksis tanpa mengubur diri.

Sumber : facebook Erizeli Jely Bandaro

Thursday, July 20, 2017 - 08:45
Kategori Rubrik: