Koalisi Prabowo Makin Kempes

Ilustrasi

Oleh : Daniella Rowakomba

Perlawanan kubu Prabowo Sandiaga pada Pilpres 2019 tahun depan diperkirakan tidak akan sekuat Pilpres 2014 lalu. Kenapa? Karena selain apa yang dilakukan Prabowo Sandi dilapangan tidak mampu merepresentasikan lawan yang tangguh, parpol pendukungnya juga mengalami krisis kepercayaan. Ada banyak indikasi yang bisa kita lihat dilapangan greget perlawanan mereka makin menurun.

Lihat saja selama 2 bulan perjalanan kampanye Prabowo Sandi dilapangan malah dipenuhi dengan lelucon. Prabowo Sandi tidak memiliki kemampuan mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang cerdas dan menembak kelemahan incumbent. Mereka justru mengungkap hal-hal yang tidak penting atau tidak berbasis data yang kuat. Hal-hal konyol yang dilakukan Prabowo Sandi misalnya soal hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet, tempe setipis ATM, melangkahi makam pendiri NU, tampang Boyolali tidak pernah masuk hotel mewah dan lainnya.

Atau kritik mereka ke pemerintah tidak didukung basis data yang kuat. Misalnya 99 persen masyarakat Indonesia miskin, soal hutang luar negeri, tidak pentingnya pembangunan infrastruktur dan lainnya. Faktanya data-data yang disampaikan tidak terbukti valid. Sehingga upaya yang dimaksudkan untuk memperkuat prabowo justru malah ditertawakan netizen.

Disisi lain, para parpol pendukung ramai-ramai menyatakan mendukung petahana. Dibeberapa wilayah pengurus dan anggota PAN maupun PKS resmi mendukung Joko Widodo. Sementara Demokrat menyatakan untuk fokus pada pemenangan legislative. Penyataan ini mengindikasikan demokrat tidak akan all out memenangkan Prabowo. PKS juga sampai saat ini masih fight meminta jatah untuk kursi wakil gubernur DKI yang ditinggalkan Sandiaga. Peta ini menggambarkan perjalanan Pilpres 2019 tidak akan seketat Pilpres 2019.

Apalagi ditambah melihat kinerja petahana yang makin mengkilap Entah pembangunan infrastruktur, ekonomi, sosial, budaya menunjukkan Negara ini makin maju. Pun dengan yang dirasakan masyarakat. Mereka merasakan betul bahwa saat ini pemerintah benar-benar hadir dan memberi banyak jalan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Sudah lama masyarakat menantikan pemerintah hadir tidak hanya di Jawa tapi diseluruh nusantara. Upaya merealisasikan sila kelima Pancasila benar-benar menjadi ruh pemerintah. Sehingga apa yang terjadi di masyarakat terlihat bahwa petahana unggul segalanya. Hanya di medsos terkesan kubu Prabosan ada perlawanan.

Saturday, December 15, 2018 - 20:00
Kategori Rubrik: