Kita Sudah Lama Diingatkan Ebiet G Ade

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Di WAG sering terjadi, begitu ada bencana, lalu lagu Ebiet 'Untuk Kita Renungkan' diposting lagi. Lagu yang diciptakan pasca gunung Galunggung meletus 1982 itu memang berisi renungan yang mendalam. Ada beberapa teman yang mengirim lagu itu.
Penggalan kutipan syairnya kira2 begini :
"Hanya cambuk kecil agar kita sadar, adalah Dia di atas segalanya"

"Ini bukan hukuman...
Hanya satu isyarat .....
Bahwa kita harus banyak berbenah..."

Nah logika atau persepsi tentang 'berbenah' ini yang tiap orang bisa berbeda.
Ada yang mengartikan berbenah artinya harus makin rajin sholat dan mengaji, memperbaiki tajwid, meningkatkan hafalan quran dan doa, sering haji dan umroh, atau pergi ke tempat ibadah.
Ada yang mengartikan berbenah itu perbaikan perilaku, mengurangi pikiran negatif, berusaha menghargai orang lain yang beda pendapat, menghargai kerja keras orang lain, meningkatkan kejujuran,meningkatkan kerukunan dan toleransi.

Ada yang mengartikan berbenah itu menjaga kebersihan, memelihara hutan, mengurangi sampah plastik, tidak membuang sampah sembarangan.

Ada yang mengartikan berbenah itu mengurangi korupsi, memperbanyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan ditingkatkan, meningkatkan dana riset dan memperbaiki kualitas riset.

Atau kombinasi dari beberapa hal di atas.
Saya baru saja menemukan laporan keuangan sebuah anak perusahaan BUMN besar. Sebagian besar CSR nya untuk kegiatan keagamaan( mostly kegiatan untuk perbaikan tempat ibadah).

Sementara dalam APBN , alokasi anggaran kementerian agama adalah no 4 setelah Kemenhan, PUPR, Polri.
Tidak mudah mencari CSR untuk pengembangan kampus. Misalnya untuk membangun sarana olahraga, terutama kampus kecil. Padahal ini penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mahasiswa. Jasmani perlu dibangun untuk bisa belajar dengan tahan lama, bekerja dengan baik, stamina kuat. Kalau rohani justru membangunnya tidak perlu sarana yang mewah. Tuhan bisa disembah dari mana saja dengan kualitas bangunan seadanya. Berdoa bisa dimana saja.

Kekhusyukan berdoa tidak bergantung pada kemewahan sarana.
Tidak heran mencari dana infaq membangun masjid jauh lebih mudah mencari dana infaq membangun lapangan basket (iya nggak ya?).

Berbenah dalam lagu Ebiet bisa berarti juga meningkatkan ketahanan fisik dengan menggiatkan olahraga agar badan tidak mudah terkena virus, istirahat cukup,makan-makanan sehat dalam takaran yang pas.

Sumber : Status Facebook Budi Santoso Purwokartiko

Friday, March 20, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: