Kita dan Keluarga di Surga

ilustrasi

Oleh : Ahmad Sarwat Lc MA

Apakah di akhirat nanti kita bisa berkumpul lagi dengan keluarga kita? Kalau suami punya beberapa istri, yang mana nanti yang jadi istrinya?

JAWABAN

Bisa bertemu dan bisa tidak. Kalau mau bertemu, syaratnya harus sama-sama masuk surga. Dan itu memang perintah Alah SWT :

ادْخُلُوا الْجَنَّةَ أَنْتُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ تُحْبَرُونَ

Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan isteri-isteri kamu digembirakan". (QS. Az-Zukhruf : 70)

Kalau mereka ditempatkan terpisah, yang satu di surga tapi yang lain di neraka, agak susah juga untuk bertemu.

Kalau keduanya sudah di surga tapi posisinya beda derajat, yang satu kelas inggi dan yang satu kelas rendah, apakah tetap bisakah bertemu?

Jawabnya bisa-bisa saja, karena semua itu kekuasaan Allah SWT. Dengan fadhilah dari Allah, yang ada di kelas bawah akan diangkat ke derajat yang lebih tinggi, sebagaimana ayat berikut :

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُم ذُرِّيَّتُهٌمْ بِإِيْمَانٍ أَلحْقَنْاَبِهِمْ ذُرِّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ

Dan orang-orang yang beriman dimana anak cucunya mengikutinya dengan iman, maka kami hubungkan mereka dengan anak cucu mereka, tanpa mengurangi amal-amal mereka. (QS. Ath-Thur : 21)

Yang derajatnya lebih rendah akan diangkat ke derajat yang lebih tinggi. Tidak dibalik yang tinggi malah diturunkan. Disitulah inti dari lafadz : kami tidak mengurangi amal-amal mereka.

Lalu bagaimana bila suami punya beberapa istri, yang manakah yang akan menjadi pasangannya di surga? Atau dibalik pertanyaanya, wanita yang pernah menikah beberapa kali di dunia, nanti di akhirat akan bersama suami yang mana?

Dalam hal ini ada beberaapa perbedaan pendappat. Yang paling masyhur akan jadi pasangan dari sesuai terakhir, sebagaimana hadits Hudzaifah kepada istrinya :

إِنْ شِئْتِ تَكُونِي زَوْجَتِي فيِ الجَنَّةِ فَلاَ تَزَوَّجِي بَعْدِي فَإِنَّ المَرْأَةَ فيِ الجَنَّةِ لِآخِرِ أَزْوَاجِهَا فيِ الدُّنْيَا

Kalau kamu ingin jadi istriku di surga nanti, jangan menikah lagi setelah kepergianku. Karena sesungguhnya wanita di surga nanti akan jadi istri dari suaminya yang terakhir di dunia.

Namun ada juga pendapat lain, bahwa dia bisa memilih suami yang mana saja. Dan pendapat ketiga menyebutkan dia akan bersama suami yang terbaik di akhirat.

Tapi . . .

Yang jadi pertanyaan, kira-kira masuk ke surga dengan segala kenikmatan, apa masih ingat pasangan di dunia ya?

Bang, abang Madun. Ini Jenab Bang, istri abang waktu di dunia? Masak abang kagak inget?

Si Madun memiring-miringkan kepala sambil ngucek mata. Jenab? Jenab siapa ya?

Si Madun lupa apa Jenab bininya waktu di dunia, soale dia udah dikelilingi 70 bidadari. Ya, kebantinglah si Jenab.

Ah dasar , SiMadun.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Friday, November 29, 2019 - 08:45
Kategori Rubrik: