Keturunan Habain

ilustrasi

Oleh : Taufiq Munir

Dzurriyah Rosululloh plus keturunan Sultan. Wong Sidoarjo kelahiran Jombang.

Shollu 'Alan Nabi Muhammad ...!

Syarifah Veryal Eisha Aqila Zulfikar Basyaiban (Veve Zulfikar) adalah keturunan Sayyid Abdurrahman Basyaiban II yang dalam Catatan Bani Basyaiban Kota Magelang bergelar Sultan Syarif Cirebon. Namun dalam catatan Keluarga yang berbesanan dengan beliau yaitu Bani Semendi Bayat, Klaten - hanya ditulis Sultan Cirebon saja.

Sayyid Abdurrahman Basyaiban II menikah dengan Ratu Ayu Winaon bergelar pula Syarifah Khadijah Binti Panembahan Girilaya/Sultan Cirebon V. Panembahan Girilaya ditawan di Mataram selama lebih 18 tahun dan meninggal dunia disana serta dimakamkan di Makam Girilaya, sebelah utara kompleks Pasarean Para Nata Imogiri, Jogja.

Sementara menantu Beliau, Sayyid Abdurrahman Basyaiban II diperbantukan dalam Perang Besar Kajoran Melawan Mataram dari tahun 1676-1679. Hingga Meninggal di Bayat, Klaten yang merupakan Kawah Candradimuka 140.000-200.000 Prajurit Perang Kajoran atau juga disebut Perang Trunojoyo kala itu dan dimakamkan di Bayat.

Makam Sayyid Abdurrahman Basyaiban II bersebelahan persis dengan keluarga besar Raden Semendi I yang merupakan besan beliau langsung di Kompleks Makam Sunan Pandanaran, Bayat, Klaten. Sementara Raden Semendi II/Mbah Soleh Semendi dimakamkan di Winong, Pasuruhan, Jawa Timur.

Sumber : Status facebook Taufiq Munir

Tuesday, June 2, 2020 - 08:30
Kategori Rubrik: