Ketika Tolak Sinkronisasi WA dan FB

ilustrasi
Oleh : Zulfikar Matin Effendi
Tawaran informasi:
Sejak 15 hari yg lalu, saya memutuskan utk membatasi WA atas privasi saya. Tapi belum uninstall, karena masih ada keperluan kritis yg belum bisa dipindahkan dari WA. Sisanya bisa dipaksakan, walaupun ada sedikit ketidaknyamanan. Lha wong dari 2012, kita begitu nyaman sama WA, jadi memang sulit buat lepas dari monopolinya.
Bagaimana cara membatasinya?
Lihat gambar 1: saya hanya memberi akses storage kepada WA, adapun akses lainnya saya tolak. Seperti akses ke mikrofon, kontak, call log, kamera, gallery, files, body activities, dll.
Apa akibatnya?
Saya masih bisa akses WA, hanya saja terbatas pada chat dan grup yg sudah ada sebelum saya putus kontak. Dan nama2 kontak tidak hadir, kecuali nomor. Lihat gambar 2.
Apa hasilnya setelah 15 hari?
Luar biasa.
Sebelumnya, seringkali TL FB saya muncul iklan yg "kita lagi butuh", padahal belum pernah searching. Tapi sudah pernah ngobrol, baik dengan istri, atau dengan siapapun. Atau pernah searching, tapi diluar FB company product (seperti: instagram, WA, dan fb).
Bahkan pernah saya dibuat kesal oleh ads di fb. Disuatu malam, saya ngobrol berdua di kamar, dengan istri ttg suatu produk yg amat pribadi yg dibutuhkan istri. Sebagaimana kebiasaan kebanyakan kita, hape senantiasa ada di sekitar kita. Subhanallah, besoknya iklan ttg produk tsb nampang di TL saya sepanjang hari. Dari berbagai supplier
Namun, setelah 15 hari terakhir, iklan2 di fb mulai GAK ngena, missed targeting.
Silakan disimpulkan masing-masing. Tapi, bayangkan, Anda lagi ngobrol sama istri ttg "mau belanja sayur apa besok?" serta obrolan lainnya, dan tetangga kita, tukang sayur, nguping dengan alasan utk "optimasi target penjualan". Apa iya Anda gak terganggu?
Masing-masing orang punya batasan privasi, ya monggo. Cuma mengingatkan, diluar sana, ada sebuah perkumpulan negara-negara se-benua yg mencegah WA menerapkan policy barunya utk seluruh rakyat mereka. Sehingga mereka dikecualikan dari seluruh dunia selainnya. Apa iya definisi privacy bagi mereka lebih penting daripada definisi privacy bagi kita?
Akhirul kalam, saya masih bisa dihubungi via WA, oleh kawan2 yg sudah punya kontak saya. Tapi saya gak bisa memulai chat dari WA duluan.
Sampai kapan? Katanya diundur ya sampai Mei 2021? (policy mbulet, padahal kalau yakin gak aneh2, kok gak lanjut 8 Februari)
Ya mungkin sampai situ, kalau saya keukeuh gak mau buka akses lain2 bagi WA, gak mau agree to new policy, katanya WA mau switch down akun kita..
Ini pengalaman pribadi saja.. Silakan dicoba.
Sumber : Status Facebook Zulfikar Matin Effendi
Monday, January 25, 2021 - 09:15
Kategori Rubrik: