Ketika Saksi Ahli Digugat Balik

Ilustrasi

Oleh : Abdon Nababan

Basuki Wasis, Seorang ahli perhitungan kerugian dampak lingkungan, sudah menjadi saksi ahli dalam 450 kasus terkait lingkungan sejak 2001. 
Salah satunya, membantu KPK dan KLHK dalam menghitung kerugian lingkungan dalam kasus korupsi pemberian izin Mantan Gubernur Sultra, Nur Alam

Sayangnya keterangan yang beliau sampaikan dalam persidangan kasus Nur Alam yang menyebutkan kerugian lingkungan/ ekologis dalam kasus korupsi tersebut mencapai Rp 2,7 triliun malah dipermasalahkan.

Nur Alam menggugat Basuki Wasis dengan tuntutan mengganti kerugian materiil Rp1,7 miliar dan kerugian immateril Rp3 triliun.

Gugatan berdasarkan pasal 1365 KUHPerdata yang menyebutkan, tiap perbuatan melawan hukum yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian itu.

Seharusnya seorang ahli tidak bisa diancam karena kesaksian yang disampaikan dalam persidangan. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan menjadi teror bagi siapa saja yang akan menjadi ahli di persidangan. #SaveBasukiWasis

Sumber : Status Facebook Abdon Nababan

Wednesday, April 25, 2018 - 20:30
Kategori Rubrik: