Ketakutan Pada Kemajuan Teknologi

ilustrasi
Oleh : Ditya Danes
 
Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah komentar yang menyatakan kekuatirannya atas kemajuan teknologi 5G dan 6G. Dia bilang begini kurang lebih "hati hati, ini salah satu cara mereka untuk mencuri identitas kita. Mungkin kalau di dunia nyata, ini orang bicaranya sambil ngacung ngacungin pentungan kali. 
 
Terus saya balas "pak pak, kalau tidur jangan kelamaan miring. Ntar oyong bangunnya".  Habis itu saya tidak cek lagi, apakah dia balas komentar atau tidak. 
 
Coba cek akun medsos kita masing2. Semua data kita beri cuma cuma ke mereka. Di FB kita pasang foto keluarga kita mulai dr mbah buyut, suami, istri, anak sampai cucu, lengkap dengan tanggal lahir dan namanya.
Belum lagi aktifitas sehari hari, pekerjaan kita, riwayat sekolah, riwayat mantan sampai sambatan dan nyinyiran kita. Ada email, tempat tinggal, telp, asal dll. Semua baik demi untuk menunjukkan eksistensi diri. Berteman dan meyakinkan orang bahwa kita bukan robot atau akun palsu. 
 
Di WA, twitter dan IG apalagi. Mulai dari pamer bentuk jempol sampai naik pesawat. Jadi pertanyaannya, mereka yang mencuri atau kita yang memberi cuma cuma identitas kita?. Nyatanyanya dari tahun ke tahun, pengguna medsos selalu meningkat. 
 
Teknologi itu sama seperti panci. Ditangan seorang yang baik panci bisa menghasilkan makanan enak, di tangan orang yang jahat panci bisa menjadi bom.
 
Sumber : Status Facebook Ditya Danes
Friday, June 14, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: