Kesalahan Tirto.id Itu Fatal

ilustrasi

Oleh : Ahmad Tsauri

Saya kecewa sekali dengan kesalahan fatal yang dilakukan Tirto. Info grafis yang mereka buat dan mereka sebar "... zina bisa dilegalkan" sampai kapanpun penyebarannya tidak akan bisa dihentikan, walaupun sudah di klarifikasi.

Di 02 dan akar rumput tidak ada satupun hoax yang terklarifikasi. Seperti meme Megawati tidak butuh suara umat Islam dan meme lainnya. Padahal Megawati sudah membantah itu hoax itu sejak lama.

Dua portal berita online yang mempunyai reputasi, karena menjunjung etika jurnalisme dan sangat teliti dalam melakukan investigasi, pertama Tirto, kedua Kumparan. Banyak jurnalisnya yang bersedia berminggu-minggu melakukan investigasi untuk sebuah objek berita.

Tapi anehnya untuk hal yang sangat sederhana, sangat simpel bisa terjadi kekeliruan yang sangat fatal. Bagaimana mungkin debat pilpres yang begitu lugas, jelas, closing statemen berubah menjadi meme Hoax.

Apalagi konteksnya KH. Makruf Amin cawapres 01 dalam closing statemennya mengajak masyarakat memerangi hoax dan memastikan tidak akam pernah ada legalisasi LGBT, tidak akan ada juga penghapusan pendidikan agama, tidak ada juga legalisasi perbuatan amoral lain sebagaimana kerap jadi bahan kampanye 02 untuk mempengaruhi pendukung Jokowi dan Swing Voter.

Tirto gagal total meneruskan idealisme pahlawan jurnalis Tirto Adhisurjo. Anda tak ada bedanya denga media sampah lainnya.

Sumber : Status Facebook Ahmad Tsauri

Wednesday, March 20, 2019 - 23:15
Kategori Rubrik: