Kepentingan dibalik Isu Kewarganegaraan Ganda Arcandra

Ilustrasi

Alif Kholifah – Tanpa sumber dan penyebab jelas tiba-tiba nama Menteri ESDM menjadi perbincangan public terkait kewarganegaraan. Arcandra Tahar, pria kelahiran padang ini memang lama tinggal di Amerika Serikat.

Hal ini dilakukan Arcandra Tahar lantaran kuliahnya di S2 dan S3 memang dituntaskan di A&M Texas University. Setelah itu dirinya menempuh berbagai jenjang karir dengan spesialisasi bidang perminyakan dan pengeboran. Prestasinya mentereng di negeri Paman Sam itu.

Tidak tanggung-tanggung, ada 3 hak paten yang dia pegang terkait eksplorasi sumberdaya alam.

Karena keahliannya itu, bukan hanya Amerika Serikat bahkan banyak Negara lain tergiur membujuknya menjadi warga Negara.

Arcandra Sendiri memang pernah memegang kewarganegaraan AS namun TIDAK PERNAH melepaskan kewarganegaraan Indonesia. Hanya saja karena berdasar Undang-Undang Indonesia tidak mengakui kewarganegaraan ganda secara otomatis kewarganegaraan Indonesianya gugur. Meski demikian Arcandra meyakinkan bahwa sebelum pelantikan dirinya menjadi Menteri, segala proses administrasi sudah dilakukan.

“Termasuk melepaskan status kewarganegaraan Amerika Serikat. Jadi tidak perlu diragukan lagi kewarganegaraan Negara beliau” ungkap sebuah sumber pada RedaksiIndonesia.

Ada beberapa hal yang patut dipertanyakan dari beredarnya rumor ini. Pertama, sumber yang menungkap hal ini tidak jelas siapa. Berbagai pemberitaan hanya menyebutkan “pesan berantai”. Sumbernya dari mana?

Kedua, jikalau pun itu dari pesan berantai sudah semestinya pihak yang melontarkan menunjukkan jatidiri secara jantan. Hingga saat ini tidak ada satupun pihak yang muncul di media mempertanyakan soal kewarganegaraan ganda AT. Hal itu menunjukkan yang mempertanyakan juga masih ragu-ragu validitas info tersebut.

Ketiga, Arcandra Tahar adalah ahli dibidangnya dan sangat dibutuhkan Indonesia untuk menyelesaikan berbagai masalah yang muncul. Nah tanpa penyebab jelas, tiba-tiba diterpa isu tak sedap. Dugaan paling kuat hal ini terkait penataan internal yang sedang dilakukannya di Kementerian ESDM.

Tiga alasan itu cukup kuat untuk menunjukkan bahwa sesungguhnya tidak ada yang patut dipertanyakan soal kewarganegaraan.

Selama ini tidak ada tindakan kriminal yang dilakukan bahkan di Houston, dikawasan tempat tinggalnya Arcandra mendirikan Islamic Family Academy (IFA). Sebuah komunitas bagi warga muslim mendalami ilmu agamanya.

 

Sunday, August 14, 2016 - 17:15
Kategori Rubrik: