Kental Nepotisme, Amien Rais Pasang 4 Anaknya Jadi Caleg 2019

Oleh : Nadia

Amien Rais yang (katanya)seorang  tokoh reformasi , yang pernah dikenal garang dan kritis di masa lalu ternyata tak ubahnya tokoh politik rakus yang pekat dengan  nepotisme . Politikus gaek yang membidani lahirnya Partai Amanat Nasional(PAN) ini dimasa tuanya justru sama sekali jauh dari santun, arif apalagi bijaksana.  Lengketnya ia dengan Prabowo Subianto melalui koalisi PAN dan Parta Gerindra untuk mendukung Prabowo-Sandiaga maju dalam Pilpres 2019 membuatnya semakin ngawur dan sikapnya memuakkan. Kebencian terhadap Jokowi telah meruntuhkan akal sehatnya, pikiran jernihnya lantaran sikap, pernyataan , tindakannya seringkali memancing kontroversi.

Baru-baru ini, sejumlah tindakan Amien Rais jauh dari sikap seorang politikus yang baik dan jauh dari keteladanan. Misalnya  saat ia mendampingi Prabowo memberikan pernyataan kepada media soal   penganiayaan Ratna Sarumpaet yang pada akhirnya terbukti hanya kebohongan politis belaka. Kemudian  disusul ketidakhadirannya untuk memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait kasus kebohongan Ratna Sarumpaet tersebut.

Yang terbaru menjadi sorotan masyarakat adalah saat anak-anak  Amien Rais  ditempatkan sebagai calon legislatif (caleg) dari PAN. Tidak tanggung-tanggung, tidak hanya satu orang tetapi empat sekaligus. Waar biasa bukan?  Amien Rais yang dulunya getol mengkritik nepotisme sekarang dengan santainya melakukan nepotisme sendiri. Ironis bukan?

Yang pertama, Hanum  Salsabiel Rais  atau Hanum Rais yang  mendadak ‘terkenal’ lantaran memberikan pernyataan yang  menyangkut drama penganiayaan Ratna Sarumpaet. Hanum yang menyamakan Ratna Sarumpaet dengan tokoh pahlawana nasional Njut Nyak Dien ini  maju menjadi caleg untuk  DPRD DIY di daerah pemilihan (dapil) Sleman.
Kedua, Ahmad Hanafi Rais atau dikenal dengan Hanafi Rais,  yang juga putra sulung Amien kembali maju sebagai caleg DPR RI. Ia kembali maju dari  dapil DIY.
Ketiga,  Ahmad Baihaqy Rais. Putra bungsu Amien Rais ini tak mau kalah dengan kakak-kakaknya ayang mencoba peruntungan menjadi caleg pada pemilu tahun 2019 mendatang.  Seperti Hanum Rais, Ia maju sebagai caleg DPRD DIY  dari dapil Kulonprogo.
Ketiga, Mumtaz Rais yang juga menantu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Anak Amien Rais itu menjadi caleg untuk dapil Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Purworejo, Temanggung dan Wonosobo. 
Perilaku politik Amien Rais yang sarat nepotisme itu tentunya sangat jauh keteladanan dan tidak patut di contoh oleh para politikusdi negri ini. Kenapa pada nggak mau mencontoh Jokowi yang menjauhkan anak-anaknya fasilitas Negara, nepotisme dan kolusi? Apa sih susahnya mencontoh yang layak menjadi teladan? 
Akhirnya, biarlah rakyat yang menilai sendiri.**

 

Thursday, October 11, 2018 - 14:00
Kategori Rubrik: