Kenekatan-Kenekatan yang Jadi Kunci Asian Games 2018

Oleh: Niken Satyawati

 

Sampeyan udah lihat video Presiden  Jokowi saat membuka Kongres Nasional (Mahasabha) XI KMHDI di Jogja beberapa hari lalu? Video itu sukses bikin saya ngakak, terutama saat Pak Jokowi menceritakan mengenai proses tentang  aksi beliau yang masuk Stadion GBK dengan mengendarai motor.

Jadi sudah cukup lama sih sebenarnya persiapan pembukaan Asian Games ini. Bahkan sebelum akhirnya Presiden mengeluarkan Perpres No. 95/2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.  

 

 

Waktu itu panitia dari kalangan profesional yang mengorganisir opening ceremony menemui Presiden. Mereka menawarkan apakah orang nomor satu di Indonesia ini bersedia terlibat dalam pertunjukan saat upacara pembukaan. Presiden menyatakan bersedia. Kemudian panitia menawarkan tiga opsi konsep pertunjukan yang melibatkan Presiden. Dari yang biasa saja, yang agak ekstrem dan yang ekstrem. Ternyata Pak Jokowi memilih yang ketiga, yaitu yang EKSTREM.  

Yang  agak lucu adalah hingga menjelang  Hari H, sepertinya masyarakat belum ngeh juga akan ada gawe besar Indonesia, yaitu menjadi tuan rumah pekan olahraga se-Asia.  Padahal di mana-mana Presiden sendiri ikut mempromosikan ajang akbar itu dengan mengenakan jaket Asian Games 2018.

Hingga kemudian semua tersentak menyaksikan spektakulernya upacara pembukaan. Dan mempesonanya aksi gila Presiden yang bergaya millenial dengan motor hitam. Tak hanya masyarakat Indonesia, aksi Presiden RI ini mendapat pujian dan apresiasi dari berbagai penjuru Asia, dan jadi trending topic nomor satu di Korea Selatan.

Sebenarnya bukan hanya saat opening ceremony saja Presiden melakukan aksi nekat. Kenekatan lebih besar adalah menyetujui menjadi tuan rumah Asian Games setelah Vietnam mengundurkan diri karena merasa tidak siap.

Dan kenekatan demi kenekatan pun menular. Atlet-atlet juga ikut nekat berjuang mati-matian untuk meraih prestasi. Hasilnya, dari Asian Games sebelumnya yang hanya meraih 4 medali emas, pada Asian Games kali ini bangsa kita tampil gemilang dengan 30 medali emas.

Kesuksesan seperti itu nggak diapresiasi dan pilih membahas isu recehan soal stuntman?

“Ya gila, Bro....!! “
 

#asiangames2018 #energyofasia #jokowilagi 
Saturday, September 1, 2018 - 20:00
Kategori Rubrik: