Kendaraan Ndeso Jokowi

Ilustrasi

Oleh : Riza Iqbal

Selain pembangunan Infrastruktur, Presiden Joko Widodo juga menggagas kendaraan perkebunan bernama Quick Truck. Kendaraan yg dijual seharga Rp 57 juta ini, diperuntukan untuk moda angkutan hasil perkebunan dan pertanian.

CV Karya Hidup Sentosa (KHS) yang memproduksi Quick Truck ini, awalnya hanya memproduksi berbagai jenis traktor tangan untuk pertanian serta perkebunan. Pada tahun 2016, Kemenperin memasukan Quick Truck menjadi kategori program kendaraan pedesaan yang digagas oleh Jokowi setelah melihat hasil produksi CV KHS yg berdomisili di Jogja ini.

Hanya butuh sekitar 3 bulan CV HKS membuat dan menyelesaikan prototype kendaraan ini. Hingga akhir tahun 2017, kendaraan Quick Truck type QT-14M sudah terjual lebih dari 30 unit. Bahkan meski belum diresmikan, kendaraan ini sudah dipesan hingga 200 unit.

Seluruh body dan rangka Quick Truck, murni hasil produksi lokal bahkan suku cadangnya. Mesinnya sendiri, masih menggunakan mesin Kubota 500 CC buatan Jepang. Dengan kecepatan 20 km/jam,kendaraan ini mampu mengangkut beban hingga 600 kg.

Dengan panjang kendaraan 3,5 M, lebar 1,4 M dan Ground Clearence 250 mm, kendaraan ini banyak diminati kalangan pertanian dan perkebunan. Malaysia dan beberapa negara di Afrika, ikut tertarik dan berminat untuk membeli kendaraan ini.

Rencananya, pada tahun 2018 ini, pemerintah akan meresmikan Quick Truck ini bersamaan dengan beberapa model kendaraan pedesaan lainnya.

-TYVa-

https://finance.detik.com/…/harga-rp-57-jutaan-begini-kecan…

https://sawitindonesia.com/…/quick-trucktransportasi-buah-…/

Sumber : Status Facebook Riza Iqbal

Friday, February 16, 2018 - 21:00
Kategori Rubrik: