Kenapa Kita Ngutang

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Kenapa kita ngutang? Karena kekurangan dana. Mengapa kurang? Banyak yang dikorupsi, banya uang masuk ke kantong pribadi. Biaya SIM STNK tidak semua masuk ke negara. Biaya tilang tidak sampai ke kas negara. Petral beli minyak dengan harga tinggi, ambil komisi, negara yang bayar. Mafia kaya, negara buntung.

Banyak yang belum taat pajak. Harta disembunyikan. Jaman Orba saham Freeport yang jadi bagian negara, diambil oleh individu. Di Indonesia,

Negara miskin tapi rakyatnya kaya. Negara ngutang , rakyatnya, mobil dan tanah berlimpah.

Utang kita 29% dari PDB. Masih aman. US dan Jepang utangnya melebihi PDB. Tapi kata ekonom senior aman karena tax ratio (terhadap PDB) di US dan Jepang lebih dari 60%. Sementara kita cuma 11%.

Artinya capaian pajak kita rendah. Bisa jadi karena tingkat pajak pendapatan kita atau pajak barang masih rendah. Orang Jepang mikir kalau mau punya mobil, karena pajaknya tinggi. Orang Jepang mikir mau numpuk harta warisan, karena pajaknya tinggi. Pajak kita mau dinaikkan protes. Negara ngutang juga protes. Lha negara punya uang darimana?

Kalau mau negara kaya selain menaikkan tingkat pajak, kita harus taat pajak.

Tidak mudah jadi pemerintah yang baik. Tidak mudah juga jadi rakyat yang baik. Paling mudah adalah mengkritik dan menuntut.

Sumber : Status Facebook Budi Santoso Purwokartiko

Saturday, February 16, 2019 - 10:30
Kategori Rubrik: