Kenapa Harus Becakway?

Ilustrasi

Oleh : Andhika Agung

Setelah BecakWay, selanjutnya akan ada BemoWay, dan seterusnya sampai pemulung pun sudah masuk dalam Planning mereka dan akan dibuatkan GerobakWay.

Kenapa tidak kepikiran membuat jalur khusus MotorWay. Tidak perlu sekolah sampai Luar Negeri kan seperti saya. Ini tergantung soal bagaimana paham atau tidaknya memimpin sebuah daerah dan menata kota dengan baik.

Coba koordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya, berapa jumlah kendaraan roda 2 dan roda 4 yg terdaftar di Jakarta. Kemudian koordinasi dengan Dishub berapa jumlah kendaraan yg masuk dari tetangga Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, dan lain2 setiap harinya. Setelah mendapat data itu kemudian koordinasikan dengan pihak2 terkait bagaimana solusi mengurai kemacetan nya. Dari sekian banyak kepala pasti ada salah satu yg punya ide cemerlang. Buat apa sampai jauh2 Study Banding ke AS ? 
Menurut data yg pernah saya terima, perbandingan mobil dan motor itu (1 : 3) jumlah yg ada di Jakarta saja (koreksi jika saya salah). Belum yg dari luar Jakarta !!!

Kembali ke Soal MotorWay. 
Motor sebagai pilihan alternatif masyarakat menengah kebawah selain hemat dari sisi pengeluaran BBM, juga menjadi perhitungan waktu untuk pergi ke tempat kerja. Dengan jumlah perbandingan yg signifikan tadi, apa salahnya dibuatkan jalur khusus agar tidak terlalu Crowded di satu jalur dengan pengendara mobil juga meminimalisir terjadinya kecelakaan jg senggolan dengan kendaraan yg lebih besar dari motor. Akui dan Jujur saja ketika dijalanan yg menggunakan Mobil kadang suka terganggu kan dengan pengendara Motor. Dengan adanya jalur khusus motor, kejadian2 tersebut bisa diminimalisir dan juga akan berpengaruh terhadap kemacetan itu sendiri. Tentunya jalur tersebut harus ada pembatas bukan hanya garis yg di warnai saja, juga dibuatkan rambu2nya.

Menikmati Uang Rakyat itu memang sangat menyenangkan, asal dibalut agama dan bicara santun, semua akan Halal pada waktunya.

Sumber : Status Facebook Riza Iqbal

Sunday, July 8, 2018 - 15:15
Kategori Rubrik: