Kemungkinan Salah Satu Mesin Mati Di Udara

ilustrasi
Oleh : Irawan Nugroho
April 2020 lalu saya nulis ada sekitar 17.000 pesawat nganggur di seluruh dunia akibat covid-19. Itu berarti sekitar dua pertiga dari seluruh pesawat yg ada di dunia ini. Dan parkir pesawat itu tidak murah, tidak seperti parkir mobil di garasi. Biayanya bisa 1000 dollar per hari untuk maintenance. Merawat pesawat yang terbang sama dengan merawat pesawat yang diparkir. Pesawat juga harus dipanasi rutin agar tetap laik terbang.
Seperti kita lihat di foto ini pesawat baru Boeing 737 MAX yang sedang diparkir. Mesin, roda, kaca jendela, kokpit, dan seluruh badan pesawat harus ditutup untuk mencegah terjadinya korosi dan kelembaban yang bisa mengganggu atau merusak peralatan navigasi sensitif di bagian luar pesawat. Mesin pesawat harus ditutup rapat karena bisa menjadi tempat sarang burung atau kotoran yang mengganggu. Sebelum pesawat dibungkus rapat, seluruh badan harus dibersihkan lebih dulu dengan bahan kimia anti-karat. Dan pesawat harus dibersihkan tiap hari untuk mencegah menumpuknya debu, tanah dan air yang menyebabkan korosi.
Mengenai Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh, pesawat bekas dari United Airlines buatan tahun 1994 ini jelas membutuhkan perawatan extra. Dari referensi yang saya baca, ada sebuah laporan dari FAA Juli 2020 yang menyebutkan ada empat kejadian sebelumnya di mana salah satu mesin Boeing 737-524 jenis CFM56 mati dan tidak bisa dihidupkan kembali karena korosi. Bahkan, kedua mesin bisa mati.
“Corrosion of the engine bleed air 5th stage check valve internal parts during airplane storage may cause the valve to stick in the open position. If this valve opens normally at takeoff power, it may become stuck in the open position during flight and fail to close when power is reduced at top of descent, resulting in an unrecoverable compressor stall and the inability to restart the engine. Corrosion of these valves on both engines could result in a dual-engine power loss without the ability to restart.”
Apa yang saya tulis hanyalah sebuah dugaan atau kemungkinan penyebab kecelakaan dari beberapa referensi yang saya baca. KNKT, Boeing dan pihak lainnya yang akan menyelidiki dan memastikan penyebab kecelakaan. Ikut berduka bagi keluarga korban.
Sumber : Status Facebook Irawan Nugroho
Tuesday, January 12, 2021 - 09:00
Kategori Rubrik: